Bola Internasional

Patut Dicontoh Ezra Walian, Jebolan Akademi RKC Waalwijk Ini Berhasil Tembus ke Barcelona

Rabu, 29 Mei 2019 15:40 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© FC Barcelona
Frankie De Jong akan berseragam Barcelona musim depan. Copyright: © FC Barcelona
Frankie De Jong akan berseragam Barcelona musim depan.

INDOSPORT.COM – Pemain RKC Waalwijk, Ezra Walian, patut mencontoh jejak Frenkie De Jong yang berhasil menembus skuat Barcelona musim 2019/20. De Jong merupakan hasil binaan RKC yang pada musim ini ditebus Blaugrana dengan harga 67,5 juta poundsterling (sekitar 1,23 triliun rupiah).

De Jong bergabung di tim akademi RKC saat berusia muda. Ia berkembang menjadi salah satu talenta dunia paling menjanjikan dengan kecerdasannya membaca permainan. Tak sampai di situ, kemampuannya melepas umpan merupakan salah satu yang terbaik di antara semua kompatriotnya di Timnas Belanda.

Meski menimba ilmu di RKC, De Jong malah bersinar bersama Ajax Amsterdam. Pemain berusia 22 tahun ini tak sempat tampil di tim utama RKC karena sempat hengkang ke tim muda Willem II. Pada musim 2015/16, Ajax menebus talentanya dengan banderol 9 juta poundsterling (sekitar 166 miliar rupiah).

Hanya semusim di Ajax, ia langsung membantu De Godenzonen melaju hingga partai puncak Liga Europa. Namun, timnya harus mengakui keunggulan Manchester United yang kala itu masih diasuh Jose Mourinho.

De Jong nyaris menjadi finalis Liga Champions musim 2018/19 ini andai saja Lucas Moura tak mencetak gol penentu kemenangan menit akhir Tottenham Hotspur di Johan Cruyff Arena (9/5/19).

Pada akhir musim ini, De Jong bersama Ajax meraih double winners Eredivisie Belanda dan Piala Belanda. Kedua gelar itu menjadi penutup manis sebelum pindah domisili ke Catalan.

Menilik jejak karier De Jong, Ezra tentu punya kesempatan yang sama. De Jong juga memulai karier profesionalnya bersama Ajax Amsterdam U-23 di divisi dua dan belum banyak dimainkan kala itu.

Ezra juga catatkan statistik yang mirip dengan De Jong kala itu. Ezra musim ini mencetak satu gol dalam 14 penampilannya di divisi dua. Pada 2015/16, De Jong tampil sebanyak 15 kali dan mencetak dua gol.

Namun, masa depan Ezra di RKC masih tanda tanya. Pemain berpaspor Indonesia itu akan berkancah di kasta tertinggi sepak bola Belanda musim depan andai kontrak peminjamannya di RKC diperpanjang, atau bahkan dipermanenkan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%