Bola Internasional

RKC Waalwijk dan Ezra Walian, Antara Tembus Eropa atau Pulau Kalimantan

Rabu, 29 Mei 2019 13:28 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© ezrawalian
Dua skenario masa depan Ezra Walian: bertahan di Eropa atau pergi ke Indonesia. Copyright: © ezrawalian
Dua skenario masa depan Ezra Walian: bertahan di Eropa atau pergi ke Indonesia.

INDOSPORT.COM – Kontrak peminjaman Ezra Walian di RKC Waalwijk yang habis pada 30 Juni 2019 membuat masa depannya dipenuhi tanda tanya. Dua skenario besar yang mungkin terjadi untuknya ialah: malang melintang di daratan Eropa, atau malah terbang ke Indonesia.

Pemain berpaspor Indonesia itu akan berkancah di kasta tertinggi sepak bola Belanda bersama RKC musim depan andai kontrak peminjamannya di RKC diperpanjang, atau bahkan dipermanenkan. RKC baru saja memastikan promosi ke Eredivisie Belanda setelah menang dramatis 5-4 melawan Go Ahead Eagles pada Selasa (28/5/19).

Jika tetap berada di RKC, Ezra punya peluang yang bagus untuk membela klub besar Eropa di masa depan. RKC merupakan klub masa kecil Frenkie De Jong yang berhasil menembus skuat Barcelona untuk musim 2019/20. De Jong berhasil berkembang menjadi salah satu talenta dunia paling menjanjikan.

RKC juga menelurkan legenda Timnas Belanda yang pernah bermain untuk Barcelona, Giovanni van Bronckhorst. Jika Ezra memiliki kesempatan itu, atau minimal tetap berada di Eropa, ia akan menjadi tambahan kekuatan yang sangat berharga bagi lini depan Timnas Indonesia.

Di sisi lain, kontrak Ezra di klub peminjamnya, Almere City, juga akan habis pada 30 Juni 2019. Bila tak berkesempatan merumput di Belanda, Ezra mungkin saja terbang ke Pulau Kalimantan.

Pulau Kalimantan merupakan tempat asal klub Borneo FC yang kini diperkuat eks bek tengah RKC, Jan Lammers. Ia sebelumnya membela RKC sebanyak 34 kali di kancah divisi dua sepak bola Belanda. Ia mencatatkan tujuh clean sheets dan dua gol. Ia bahkan menjadi kapten tim pada musim 2017/18.

Eks kapten RKC pada musim 2017/18 itu didatangkan oleh tim Pesut Etam secara gratis pada Januari 2019. Saat ini, ia telah bermain tiga kali di ajang Shopee Liga 1 2019.

Selain Borneo, klub sepak bola asal Indonesia lainnya pasti tertarik mendatangkan Ezra jika ia memutuskan untuk merumput di Tanah Air. Dalam satu bulan ke depan, publik sepak bola Indonesia akan melihat salah satu dari dua skenario tersebut untuk Ezra.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%