Bola Internasional

Eks Arsenal Jadi Pemain Naturalisasi China yang Pertama

Kamis, 30 Mei 2019 20:09 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Evening Standard
Nico Yennaris, pemain naturalisasi China yang pertama Copyright: © Evening Standard
Nico Yennaris, pemain naturalisasi China yang pertama

INDOSPORT.COM - Mantan gelandang Arsenal, Nico Yennaris, menjadi pemain pertama yang dinaturalisasi oleh China. Yennaris merupakan pemain yang lahir di London, Inggris. Ia bisa dinaturalisasi oleh China berkat ibunya yang lahir di negara itu.

Naturalisasi yang dilakukan kepada Yennaris ini menandai perubahan signifikan dalam kebijakan Asosiasi Sepak Bola China.  Sebab, sebelumnya mereka menolak untuk melakukan naturalisasi, meski hal itu sudah umum dilakukan di banyak negara lain.

Berkat naturalisasi ini, Yennaris kemudian dipanggil oleh Marcelo Lippi ke Timnas China yang akan melakukan pertandingan ujicoba melawan Filipina dan Tajikistan.

Sebagai informasi, Yennaris merupakan pemain jebolan akademi Arsenal. Ia kemudian berhasil menembus tim senior Meriam London pada tahun 2011.

Menurut data dari Transfermarkt, Yennaris hanya bermain satu kali bersama Arsenal di ajang Premier League pada musim 2011/12.

Selain Arsenal, pemain yang dikenal sebagai Li Ke di China ini juga memiliki pengalaman yang banyak di Inggris. Tercatat, ia pernah menjadi pemain AFC Bournemouth dan Brentford.

Saat ini, pemain sepak bola berusia 26 tahun tersebut bergabung dengan klub Liga Super China, Beijing Guoan. Di musim ini, Yennaris sudah bermain sebanyak delapan penampilan dan mencetak dua gol. Sebelum menjadi pemain naturalisasi oleh China, Yennaris juga pernah bermain di timnas U-17, U-18, dan U-19 Inggris.