Bola Internasional

Kemenangan Chelsea di Final Liga Europa 2018/19 Jadi Berkah Bagi Olympique Lyon

Kamis, 30 Mei 2019 15:19 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Yohanes Ishak
© Resul Rehimov/Anadolu Agency/Getty Images
Kemeriahan tim Chelsea merayakan kemenangan juara Liga Europa, 29/05/19. Resul Rehimov/Anadolu Agency/Getty Images Copyright: © Resul Rehimov/Anadolu Agency/Getty Images
Kemeriahan tim Chelsea merayakan kemenangan juara Liga Europa, 29/05/19. Resul Rehimov/Anadolu Agency/Getty Images

INDOSPORT.COM - Keberhasilan Chelsea menjadi juara Liga Europa 2018/19 membawa berkah bagi tim asal Prancis, Olympique Lyon. Pasalnya, Memphis Depay dan kolega dipastikan akan berlaga di Liga Champions 2019/20 secara langsung tanpa harus melewati babak kualifikasi terlebih dahulu.

Sejatinya, Lyon harus melewati babak kualifikasi karena status Ligue 1 Prancis berada di posisi kelima dalam hal ranking UEFA dan mereka hanya duduk diperingkat ketiga dibelakang Paris Saint-Germain dan Lille. Namun hasil final Liga Europa merubah nasib mereka.

Seperti diketahui, Chelsea sebelumnya telah mengantongi tiket ke Liga Champions berkat keberhasilan mereka mengunci posisi tiga klasemen Liga Primer Inggris 2018/19. Sebenarnya Arsenal juga dapat berlaga di kasta tertinggi Eropa tersebut jika memenangi Liga Europa. Namun, mereka takluk di final dengan skor 1-4 dari The Blues.

Dalam aturan UEFA, meski pemenang Liga Europa sudah mendapat tiket fase grup Liga Champions lewat jalur kompetisi domestik, jatah tersebut tak bisa dialihkan ke runner-up. Hal ini membuat jatah tersebut dialihkan ke Lyon yang langsung lolos tanpa kualifikasi.

Ligue 1 Prancis sendiri dianggap mampu memenuhi syarat di posisi ketiga liga domestik mereka yaitu dengan catatan jika ada klub yang sudah dipastikan lolos ke Liga Champions melalui jalur liga domestik mereka dan berhasil menjadi juara Liga Europa.

Presiden Lyon, Jean-Michel Aulas pun melalui akun Twitter pribadinya bahkan langsung mengucapkan selamat kepada Chelsea setelah menjuarai Liga Europa dan secara tersurat berterima kasih kepada The Blues yang membantu timnya langsung lolos ke fase grup Liga Champions.

Keberhasilan Chelsea ini jelas meramaikan dunia berita olahraga khususnya sepak bola, karena tim asal London Barat tersebut menjalani musim 2018/19 ini dengan kurang mulus.

Bagi Arsenal, kekalahan di final Liga Europa membuat nasib mereka tidak berubah dan akan berlaga di kompetisi kasta kedua Eropa tersebut musim 2019/20 setelah sebelumnya hanya meraih peringkat kelima di Liga Primer Inggris.