Liga Europa

Lewati Ronaldo dan Messi, Pemain Chelsea Ini Jadi Raja Eropa Sesungguhnya

Kamis, 30 Mei 2019 15:24 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Francois Nel / Staff / Getty Images
Olivier Giroud dan Mateo Kovacic merayakan gelar juara Chelsea. Copyright: © Francois Nel / Staff / Getty Images
Olivier Giroud dan Mateo Kovacic merayakan gelar juara Chelsea.

INDOSPORT.COM - Gelandang asal Kroasia, Mateo Kovacic, menahbiskan dirinya sebagai raja Eropa sesungguhnya usai mengantarkan Chelsea menaklukan Arsenal di final dengan skor 4-1 dan menjadi juara Liga Europa, Kamis (30/5) dinihari WIB.

Raihan ini membuat Kovacic berhasil meraih empat gelar bergengsi Eropa dalam waktu empat tahun terakhir. Liga Europa yang ia raih bersama Chelsea menjadi gelar keempat setelah sebelumnya mencatatkan hattrick gelar Liga Champions bersama Real Madrid. 

Seperti diketahui, Kovacic dibeli Madrid dari Inter Milan pada 2015 lalu kala umurnya baru menginjak 21 tahun. Dominasinya di lini tengah Nerazzurri membuat ia diganjar nomor 10 sepeninggalan Wesley Sneijder dan membuat Los Blancos meminangnya.

Namun, selama tiga musim membela El Real, namanya meredup karena kalah bersaing dengan kompatriotnya, Luka Modric, dan nama-nama besar lainnya seperti Toni Kroos dan Casemiro di lini tengah Madrid. Meski begitu, ia turut membantu anak asuh Zinedine Zidane meraih tiga gelar Liga Champions tahun 2015/16, 2016/17,dan 2017/18.

Pada akhirnya, kedatangan Thibaut Courtois ke Madrid menjadi berkah baginya. Kovacic pun dipinjamkan ke Chelsea. Selama membela The Blues di musim 2018/19, ia mendapatkan menit bermain yang cukup hingga membuatnya betah di London dan terang-terangan menolak untuk kembali ke tim ibukota Spanyol tersebut.

Titik puncaknya dimana ia meraih gelar Liga Europa dan membuatnya menjadi pemain tersukses di Eropa dalam kurun waktu empat tahun terakhir.

Uniknya, pencapaian tersebut ia dapatkan di usianya yang masih terhitung muda, 25 tahun. Bukan tidak mungkin, Kovacic akan menambah pundi-pundi gelarnya di kemudian hari baik di level klub maupun Timnas Kroasia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%