Liga Indonesia

Satu Problem Utama Penurunan Performa Persija versi Ketum The Jakmania

Kamis, 30 Mei 2019 22:05 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT/Shintya Anya Maharani
Ketua The Jakmania, Ferry Indra Syarief. Copyright: © INDOSPORT/Shintya Anya Maharani
Ketua The Jakmania, Ferry Indra Syarief.

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta akan melakoni pertandingan lanjutan Shopee Liga 1 2019 melawan Bali United selepas bertandang ke markas PSIS Semarang, Minggu (26/5/19) lalu. Hal ini membuat mereka harus bermain tandang tiga kali.

Meski belum berhasil menunjukkan performa terbaik dalam dua laga terdahulu, Ketua Umum The Jakmania, Ferry Indrasjarief, mengaku optimis Persija akan melakukan perubahan signifikan saat melawan Bali United. 

"Kami sebagai suporter ya selalu optimis, terlebih Marco Simic sudah kembali setelah jalan-jalan dari Australia. Jadi Persija punya target man lagi, perlahan lah," ujar Ferry sembari tertawa, Selasa (28/05/19).

Alih-alih menyalahkan Kolev, Ferry justru mempunyai pendapat lain terkait penurunan performa Persija sepanjang awal musim ini. Dia mengingatkan kembali tentang memori juara edisi 2001 dan 2018, di mana segenap elemen tim bersatu.

"Tahun itu, pemain, manajamen, dan Jakmania sering kumpul dan makan bersama. Atmosfernya terasa sekali di sana, kebersamaannya dapat," jelasnya. 

"Tahun ini, hal tersebut yang belum terjadi. Makanya saya sering bilang untuk cepet-cepet kumpul karena efeknya akan besar sekali. Pemain tak merasa capek sendiri mengetahui dukungan Jakmania dan kami juga merasa nggak percuma teriak-teriak di tribun," imbuh Ferry. 

Tidak main-main, sebagai pemimpin dari Jakmania seluruh Indonesia, Ferry melakukan usaha agar hal tersebut dapat terwujud secepatnya mengingat ia juga sudah mengajukan ke staf Gubernur di Balai Kota terkait acara berkumpul bersama ini. 

"Kalau nggak dari manajemen, saya mau ada motivasi dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Jadi pemain, manajemen, wartawan, dan Jakmania bisa buka puasa bareng atau sekadar makan bersama," pungkasnya.