Liga Indonesia

Pelatih Persib Bicara Rencana PSSI Terapkan VAR di Liga 1 2019

Jumat, 31 Mei 2019 10:52 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengaku sepakat bila kompetisi Shopee Liga 1 2019. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengaku sepakat bila kompetisi Shopee Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memberikan komentar terkait rencana PSSI yang akan menerapkan terkonoligi Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi Shopee Liga 1 2019 (kasta tertinggi bola Indonesia).

Pelatih sepak bola asal Belanda ini menuturkan, terkonoligi VAR sudah seharusnya diterapkan di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Hal itu ia nilai dapat membantu wasit dalam mengambil keputusan, dan meminimaliris ketentuan kontroversial.

Robert Alberts lebih lanjut mengatakan, sejak musim lalu ia bersuara mengenai VAR, karena banyak sisi positif dari teknologi tersebut untuk sepak bola Indonesia.

"Kalau kamu denger saya di musim lalu, saya selalu tanya kenapa kita gak punya VAR di Indonesia? Dan saya pikir ini langkah bagus untuk punya VAR di situasi tertentu," kata mantan pelatih PSM Makassar ini.

Pelatih sepak bola berusia 64 tahun ini menuturkan, sejauh ini detail jalannya pertandingan hanya bisa dilihat dari televisi, sedangkan wasit di lapangan tidak melihat siaran ulang jika ada kejadian yang kontroversial.

Sehingga, jika teknologi VAR diterapkan di Liga 1 2019 diharapkan kualitas kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia bisa lebih baik dari sebelumnya.

"Teknologi dipertandingan di Indonesia masih terpaku di TV maka kita perlu perbaikan sehingga lebih baik dari musim musim lalu," tutup Robert Alberts.

Sekadar informasi, dalam klasemen sementara Liga 1 2019, Persib Bandung sementara ini menempati peringkat tujuh dengan torehan 4 poin.