Liga Indonesia

Profil Klub Liga 2 2019: PSIM Yogyakarta, Jor-joran Demi Tembus Kasta Tertinggi

Kamis, 13 Juni 2019 09:05 WIB
Penulis: Ronald Seger Prabowo | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© managerdiary.co.uk
Posisi-posisi unik di sepakbola modern Copyright: © managerdiary.co.uk
Posisi-posisi unik di sepakbola modern
Prakiraan Formasi

Melihat dari komposisi skuat PSIM Yogyakarta yang sudah dipaparkan di atas, nampaknya Vujovic akan menggunakan formasi 4-2-3-1. Striker tunggal tentu saja akan mengandalkan pengalaman yang dimiliki Cristian Gonzales.

Sementara itu, I Putu Pager yang dipinjam dari Bali United juga nampaknya akan menjadi pilihan pertama untuk posisi penjaga gawang. Dengan empat pemain bertahan di depannya.

Bek berpengalaman Ngurah Nanak dan Achmad Hisyam Tolle akan berduet di jantung pertahanan PSIM nantinya. Dengan Tedi Berlian dan eks Persela Lamongan, Gusti Rustiawan, mengawal di sisi sayap pertahanan.

Lalu di lini tengah, ada Ichsan Pratama yang merupakan pemain terbaik Liga 2 2018 musim lalu. Ichsan diyakini akan jadi playmaker untuk membantu tugas Cristian Gonzales mencetak gol.

Selain Ichsan, ada juga Rosi Noprihanis yang merupakan eks PSS Sleman. Rosi diperkirakan bisa menjadi gelandang sayap kiri PSIM, bersama dengan Raphael Maitimo di sisi kanan.

Pelatih: Vladimir Vujovic

© Twitter/@PSIMJOGJA
Pelatih PSIM Yogyakarta Vladimir Vujovic. Copyright: Twitter/@PSIMJOGJAPelatih PSIM Yogyakarta Vladimir Vujovic.

Target mengejar sang rival, PSS Sleman yang sudah lebih dulu promosi ke Liga 1, PSIM Yogyakarta pun langsung membuat gerakan besar dengan mendatangkan Vladimir Vujovic.

Meski baru pensiun dua tahun, Vujovic ternyata sudah mengantongi lisensi kepelatihan B UEFA sejak 2015 lalu. Ini tentu menjadi bonus untuk PSIM dapat dilatih oleh Vujovic.

Selain lisensi kepelatihan, pengalaman bermain Vujovic yang masih 'hangat' juga diperkirakan bisa menyokong mental para pemain PSIM untuk bisa mengamankan satu tiket promosi ke Liga 1 musim depan.

Datang ke sepak bola Indonesia sebagai pemain pada tahun 2014 lalu, Vujovic sudah membela dua klub besar, yakni Persib Bandung dan Bhayangkara FC.

Bahkan, Vujovic merupakan andalan Persib Bandung saat menjuarai Liga Super Indonesia (LSI) 2014 lalu. Tidak perlu heran jika Vujovic akan jadi sosok panutan para pemain PSIM untuk lebih berprestasi.

Menurut catatan Transfermarkt, Vujovic sudah merasakan atmosfer sepak bola Indonesia sebanyak 66 pertandingan. Dia mampu mengemas enam gol dan tiga assist sepanjang berkarier di Indonesia.

Bintang: Cristian Gonzales

© Twitter/PSIM Yogyakarta
Cristian Gonzales resmi bergabung dengan PSIM Yogyakarta. Copyright: Twitter/PSIM YogyakartaCristian Gonzales resmi bergabung dengan PSIM Yogyakarta.

Cristian Gonzales membuat kejutan saat memilih berlabuh ke PSIM Yogyakarta setelah sebelumnya gabung ke Bogor FC. Gonzales resmi menjadi pemain PSIM pada awal Mei lalu.

Gonzales juga punya sederet pengalaman yang tentunya berharga untuk dibagikan kepada para pemain PSIM yang tentunya jauh lebih muda di bawahnya.

Gonzales pernah bermain untuk sejumlah klub besar Indonesia, seperti PSM Makassar, Persik Kediri, Persib Bandung, Arema FC, Madura United, dan terakhir adalah PSS Sleman di Liga 2 2018 lalu.

Di PSS, saat usianya sudah kepala empat, ternyata Gonzales masih menunjukkan tajinya dengan mengemas 15 gol di Liga 2 2018. Striker naturalisasi itu bahkan menyumbang satu gol di final dan menjadi juara Liga 2 2018.

Menarik untuk dinantikan seperti apa kiprah Cristian Gonzales, dengan usianya yang sudah 42 tahun bersama PSIM Yogyakarta di Liga 2 2019. Mampukah dia mengantar PSIM ke Liga 1 musim depan?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%