Liga Indonesia

3 Laga Tanpa Kemenangan, Persija Catatkan Rekor Terburuk Sejak Era Liga 1

Sabtu, 1 Juni 2019 18:35 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Ivan Kolev dan asistennya Mustaqim membriefing para pemain Persija sebelum melakukan latihan di Lapangan PSAU TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (22/05/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Ivan Kolev dan asistennya Mustaqim membriefing para pemain Persija sebelum melakukan latihan di Lapangan PSAU TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (22/05/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Kekalahan yang diderita Persija Jakarta dari Bali United pada laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2019 membuat skuat Macan Kemayoran mencatatakan rekor start terburuk dalam tiga musim terakhir, atau tepatnya sejak era Liga 1 dimulai pada tahun 2017 lalu.

Dari tiga pertandingan yang sudah dilakoni musim ini, Persija hanya mampu meraih satu poin hasil dari sekali imbang dan dua kali menelan kekalahan. Akibatnya, tim asuhan Ivan Kolev itu harus menjalani libur Lebaran dengan berada di peringkat ke-16 alias berkutat di zona degradasi.

Awal musim kompetisi Shopee Liga 1 2019 benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Persija. Macan Kemayoran mengawali musim dengan hasil imbang 1-1 di markas Barito Putera. Setelah itu, Persija menelan dua kekalahan beruntun dari PSIS Semarang dan Bali United.

Catatan minor Persija awal musim ini sebenarnya bukan hal yang mengejutkan. Pasalnya, sejak musim lalu Macan Kemayoran dikenal sebagai tim yang terlambat panas. Bedanya, pada dua musim sebelumnya, Persija selalu sukses mencatatkan setidaknya satu kemenangan dalam tiga pertandingan awal.

Musim lalu, saat masih dilatih Stefano ‘Teco’ Cugurra, Persija juga memulai kompetisi Liga 1 2018 dengan hasil buruk. Dari tiga pertandingan awal, Macan Kemayoran hanya mampu mendulang empat poin hasil dari sekali  menang, sekali imbang, dan sekali menelan kekalahan.

Mundur ke kompetisi Liga 1 2017, hasil serupa juga dicatatkan Persija dengan hanya meraih empat poin dari tiga laga awal. Akibatnya, Macan Kemayoran pun terpuruk di papan bawah.

Hasil yang diraih Persija bersama Kolev pada tiga laga awal musim ini memang lebih buruk dibanding raihan Macan Kemayoran bersama Teco musim lalu. Namun, yang perlu menjadi catatan adalah, tiga laga yang sudah dilakoni Persija musim ini semuanya berlangsung di markas lawan.

Persija baru akan merasakan laga kandang pada pertandingan pekan keempat menjamu Borneo FC tanggal 16 Juni mendatang. Laga kandang menjamu Borneo FC menjadi kesempatan bagi Kolev untuk membuktikan kapasitasnya sekaligus mempersembahkan kemenangan perdana bagi Persija.