Liga Indonesia

Perbandingan 3 Laga Awal Teco dan Ivan Kolev, Mana yang Terbaik untuk Persija?

Sabtu, 1 Juni 2019 11:26 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Persija/INDOSPORT
Stefano Cugurra Teco dan Ivan Kolev Copyright: © Persija/INDOSPORT
Stefano Cugurra Teco dan Ivan Kolev

INDOSPORT.COM – Juara bertahan Liga 1, Persija Jakarta tengah menjalani musim 2019 ini dengan cukup buruk. Itu sudah mulai terlihat ketika Macan Kemayoran gagal total di Piala Presiden 2019 dan Piala AFC 2019.

Setelah dikalahkan Kalteng Putra di babak perempatfinal Piala Presiden 2019, Persija selalu tumbang. Terhitung, klub yang identik dengan warna oranye tersebut kalah lima pertandingan berturut-turut.

Absennya Marko Simic dalam beberapa bulan pun menjadi salah satu alasan kegagalan Persija dalam dua ajang tersebut. Seperti yang diketahui Marko Simic harus terlibat kasus hukum setelah diduga melakukan pelecehan.

Namun, ketika memulai kompetisi Liga 1 2019, Persija juga belum tampil meyakinkan. Dalam tiga pertandingan awal, tim arahan Ivan Kolev tersebut tak mampu menorehkan kemenangan.

Macan Kemayoran bermain imbang dengan Barito Putera dengan skor 1-1. Sedangkan dua laga sisanya, Ismed Sofyan dan kawan-kawan harus menelan kekalahan atas PSIS Semarang (1-2) dan Bali United (0-1).

Padahal, Marko Simic tidak pernah absen satu menit pun dalam tiga pertandingan awal yang dijalani Persija di kasta teratas sepak bola Indonesia. Kontribusi nyata Simic hanya terjadi di laga Barito Putera pada pekan perdana.

Artinya, tidak ada alasan lagi untuk mencari alibi mengenai kegagalan Persija di tiga awal pertandingan kompetisi liga 1 2019. Pelatih Ivan Kolev harus memutar otaknya agar Macan Kemayoran tak menghuni klasemen papan tengah.