Liga Indonesia

Fakta Vincenzo Alberto Annese, Pelatih Italia yang Dirumorkan ke Persija Jakarta

Sabtu, 1 Juni 2019 14:49 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Prima Pribadi/INDOSPORT
Alberto Annese, Pelatih Italia yang dikabarkan bakal melatih Persija Jakarta. Copyright: © Prima Pribadi/INDOSPORT
Alberto Annese, Pelatih Italia yang dikabarkan bakal melatih Persija Jakarta.

INDSOSPORT.COM - Berikut profil Vincenzo Alberto Annese, pelatih asing berkewarganegaraan Italia yang baru-baru ini dirumorkan bakal melatih Persija Jakarta.

Rumor tersebut pertama kali berhembus saat sang pelatih memposting momen dirinya saat berkunjung ke Jakarta, dan ia bagikan lewat instastory instagram pribadinya beberapa waktu lalu.

Kedatangan Vincenzo Alberto Annese semakin memperkuat kabar jika Macan Kemayoran akan mendepak Ivan Kolev sebagai pelatih lantaran tak mampu membawa Persija meraih kemenangan dari tiga laga awal Liga 1.

© instagram.com/vincenzoalbertoannese
Unggahan Vincenzo Alberto Annese yang tiba di Jakarta Copyright: instagram.com/vincenzoalbertoanneseUnggahan Vincenzo Alberto Annese yang tiba di Jakarta

Pada dasarnya, belum dapat dipastikan apakah kedatangan Vincenzo Alberto Annese ke Jakarta memang bakal menggantikan posisi Ivan Kolev sebagai Persija atau hanya liburan semata mengingat kompetisi Eropa tengah berakhir.

Untuk mengetahui lebih jauh sosok Vincenzo Alberto Annese, berikut INDOSPORT.COM coba mengulas profil dan beberapa fakta menarik terkait pelatih berusia 34 tahun ini yang terangkum dari berbagai sumber.

1. Berlisensi UEFA Pro Licence
Meski berusia sangat muda, namun capaian Vincenzo Alberto Annese sebagai pelatih tak boleh dipandang sebelah mata, sebab mantan pemain A.S.D. Leonessa Altamura  ini memegang lisensi kepelatihan kelas UEFA Pro.

Lisensi tersebut setara dengan beberapa pelatih top Eropa macam Antonio Conte, José Mourinho dan Rafael Benítez. Sedangkan di Indonesia, sejauh ini hanya dua pelatih asing yang punya lisensi UEFA Pro yakni Dejan Antonic dan Peter Butler.

© INDOSPORT/Fitra Herdian
Vicenzo Alberto, pelatih PSIS Semarang Copyright: INDOSPORT/Fitra HerdianVicenzo Alberto, pelatih PSIS Semarang

2. Pernah Latih Tim Liga Indonesia
Jauh sebelum dikabarkan bakal melatih Persija, ternyata Vincenzo Alberto Annese pernah menukangi satu tim Liga Indonesia, yakni PSIS Semarang pada musim 2018 lalu.

Saat itu, Vincenzo Alberto Annese dikontrak Laskar Mahes Jenar dari klub Liga Super Palestina, Al Khaleel, pada Maret 2018. Sayang, kebersamaan Vincenzo Alberto Annese dengan PSIS hanya berjalan enam bulan. Sang pelatih didepak dari Semarang.

3. Disanjung Para Suporter PSIS Saat Mundur Sebagai Pelatih
Meski hanya enam bulan dan memainkan 19 pertandingan, namun kehadiran Vincenzo Alberto Annese di PSIS mampu menyihir para suporter bahkan banyak yang tidak rela jika sang pelatih dipecat dari skuat Mahesa Jenar.

Beberapa tanggapan suporter ramai muncul di dunia maya. Mereka menyayangkan pihak manajemen yang memutus kontrak Vincenzo Alberto Annese, lantaran kinerja sang pelatih sudah sangat maksimal dalam membesut PSIS.

Seperti akun @widyatmoko29 yang berkomentar, "sayang sekali, pelatih udah bagus, cm pemain kurang mumpuni, arep diganti sopo neh?

@irfannurch_: "Malah pelatih e sg diganti, vincenzo iki ibarat luis milla secara taktik dsb apik tp kualitas pemain e dibawah. Apik gawe jangka pjg jane ki.

@Nuimkhayat2: "Sayang sekali, coach dg skema yg bagus tp skuad pemain bnyk kekurangan. Sdh maksimal itu coach Vinzenzo".