Bola Internasional

Pertadingan Klasik: Final Pertama Tottenham Bertemu Sesama Tim Inggris di Kompetisi Eropa

Sabtu, 1 Juni 2019 19:00 WIB
Editor: Juni Adi
© Youtube.com/Mercian1969
Wolves vs Tottenham di final Piala UEFA 1971/72. Copyright: © Youtube.com/Mercian1969
Wolves vs Tottenham di final Piala UEFA 1971/72.

INDOSPORT.COM - Final Liga Champions musim 2018/19 ini pada Minggu (02/06/19), akan mempertemukan dua klub asal Inggris, Tottenham Hotspur vs Liverpool. Bentrok kedua tim akan dihelat di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid. 

Ini merupakan kali pertama bagi Tottenham bisa merasakan final Liga Champions. Sebelumnya, tim berjuluk The Lilywhites itu selalu kandas di babak penyisihan grup, maupun fase gugur.

Perjalanan Spurs berhasil melaju ke partai puncak didapat, setelah mereka mampu menunjukan penampilan trengginas di babak semifinal Liga Champions khususnya di leg kedua, melawan Ajax Amsterdam.

Sempat kalah 0-1 di leg pertama, tim besutan Mauricio Pochettino itu akhirnya menang dramatis 3-2 di leg kedua, dan berhak lolos karena unggul agregat gol tandang.

Hal serupanya juga dialami Liverpool, yang berhasil menang 4-0 atas Barcelona di Anfield Stadium pada leg kedua. Padahal, Sadio Mane dan kawan-kawan sempat kalah 0-3 di kandang Barcelona.

Di sisi lain, ini bukanlah yang pertama untuk Spurs melawan sesama tim dari Inggris di laga final. Sebelumnya, mereka pernah merasakannya pada musim 1971/72, kala bertemu dengan Wolverhampton Wanderers di final pertama Piala UEFA.

Dalam pertandingan yang digelar dua leg itu, Spurs menang terlebih dahulu dengan skor 2-1 di leg pertama pada 3 Mei 1972 di Stadion Molineux. 

Dan kemudian bermain imbang 1-1 di leg kedua pada 17 Mei 1972 di Stadion White Hart Lane. Hasil tersebut sudah cukup membuat Spurs merebut gelar Piala UEFA pertamanya dengan agregat gol 3-2.

Berbekal sejarah kemenangan tersebut, mampukah Tottenham Hotspur kembali mengulang capaian manisnya dengan mengalahkan Liverpool dan berdiri kokoh sebagai pengangkat trofi nanti? Jawabannya akan tersaji pada laga pukul 02:00 WIB nanti.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%