Liga Indonesia

Mirip Elisa Basna, 3 Pemain Ini Pernah Lakukan Pelanggaran Brutal yang Bahayakan Nyawa

Sabtu, 1 Juni 2019 05:39 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Nigel De Jong vs Xabi Alonso. Copyright: © INDOSPORT
Nigel De Jong vs Xabi Alonso.

INDOSPORT.COM - Pertandingan Shopee Liga 1 2019 (kasta tertinggi bola Indonesia) antara Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang pada Kamis (30/05/19) lalu dihiasi oleh sebuah insiden cukup mengerikan.

Insiden itu melibatkan gelandang Persebaya, Elisa Basna, dan pemain PSIS, Fredyan Wahyu. Keduanya sempat terlibat adu fisik yang cukup brutal pada menit-menit akhir pertandingan.

Kejadian berawal saat Elisa Basna coba mengejar bola di sisi kiri lapangan penyerangan Persebaya. Elisa Basna yang sudah berlari kencang, tiba-tiba terhadang oleh tekelan Fredyan Wahyu.

Sesaat setelah Fredyan Wahyu berhasil membuang bola, Elisa Basna malah terlihat menginjak bagian perut dari Fredyan Wahyu. 

Hal ini pun mendapat perhatian khusus dari PSSI. Sekjen PSSI, Ratu Tisha, meminta agar semua pihak di Liga 1 mengedukasi para pemain agar menghindari pelanggaran-pelanggaran keras. 

Sejatinya, pelanggaran kasar yang dilakukan Elisa Basna juga pernah terjadi di pertandingan-pertandingan lain di berbagai belahan dunia. Berikut ini kami rangkum tiga di antaranya. 

1. Tendangan Karate Nigel de Jong ke Xabi Alonso

© INDOSPORT
Nigel De Jong vs Xabi Alonso. Copyright: INDOSPORTNigel De Jong vs Xabi Alonso.

Bagi Anda yang menyaksikan Piala Dunia 2010 pasti ingat momen ketika Nigel de Jong dengan brutal menendang dada pemain Spanyol, Xabi Alonso. 

Alih-alih mengincar bola, De Jong malah menghujam keras dada Xabi Alonso dengan telapak kakinya. Anehnya, wasit Howard Webb yang bertugas hanya memberikan kartu kuning. 

Untungnya Xabi Alonso masih bisa melanjutkan permainan walau sempat tergeletak beberapa saat. 

Sumber Youtube: SmirkyQuill

2. Tekel Brutal Roy Keane ke Alf Inge Haaland

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETTekel Brutal Roy Keane ke Haaland. 

Pada Liga Inggris 2001 lalu, gelandang Man United, Roy Keane, pernah dikartu merah gara-gara melakukan tekel 'mematikan' ke bek Man City, Alf-Inge Haaland, dalam laga Derby Manchester. 

Keane dengan jelas melakukan tendangan ke bagian lutut Haaland. Selain kartu merah, Keane juga didenda uang hampir tiga miliar rupiah. 

Belakangan diketahui bahwa Keane memang sengaja melakukan hal itu sebagai pembalasan atas aksi Haaland yang membuatnya cedera pada tahun 1997 silam. 

Sumber Youtube:Stephen McLoughlin
3. Pelanggaran Kotor Kevin Muscat kepada Adrian Zahra

Pada 2011 lalu Liga Australia pernah dikejutkan dengan pelanggaran brutal yang dilakukan pemain Melbourne Victory, Kevin Muscat, kepada Adrian Zahra. 

Kevin Muscat secara terang-terangan melakukan tekel btutal yang membuat Adrian Zahra sampai terpelanting. Beruntung Adrian zahra tidak jatuh dalam kondisi leher terpuntir. 

Namun tetap saja ia harus mendapatkan perawatan. Sementara Kevin Muscat sendiri saat itu langsung diberikan kartu merah oleh wasit pertandingan. 

Sumber Youtube: TheSkilledM