Liga Indonesia

Milan Petrovic, Juru Selamat Arema FC yang Bisa Gantikan Ivan Kolev Latih Persija

Sabtu, 1 Juni 2019 14:44 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
© sumberbola.co/INDOSPORT
Milan Petrovic dan logo Persija Jakarta. Copyright: © sumberbola.co/INDOSPORT
Milan Petrovic dan logo Persija Jakarta.

INDOSPORT. COM - Persija Jakarta belakangan sedang mengalami tren buruk di kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019 bersama pelatihnya, Ivan Kolev. Jika manajemen Persija Jakarta berminat, ada nama Milan Petrovic yang bisa jadi opsi untuk menggantikan Ivan Kolev.

Ya, menyandang status juara bertahan, Persija Jakarta malah terseok-seok di Shopee Liga 1 2019. Keterpurukan Persija Jakarta sudah bisa terlihat di tiga pekan awal kompetisi.

Persija Jakarta hanya bisa meraup satu poin dari tiga laga yang dijalaninya. Bahkan, Persija Jakarta belum sama sekali pernah meraih satu kemenangan pun.

Pada laga perdana, Persija Jakarta tertahan imbang 1-1 oleh Barito Putera. Berlanjut ke dua laga selanjutnya, Persija Jakarta secara berturut ditaklukkan PSIS Semarang dan Bali United, masing-masing dengan skor 1-2 serta 0-1.

Akibat rentetan hasil buruk tersebut, Persija Jakarta kini terdampar di zona degradasi. Tim Macan kemayoran menempati urutan 16 dengan koleksi satu poin saja.

Mendapati situasi itu, banyak yang mulai menyuarakan agar Ivan Kolev segera lengser dari kursi kepelatihan Persija Jakarta. Media sosial juga nampak cukup ramai dengan tagar #kolevout.

Jika pihak manajemen ke depannya mendepak Ivan Kolev, Persija Jakarta tentu harus mencari pelatih baru. Namun, jelas bukan perkara mudah mendapatkan juru taktik anyar berkualitas yang bisa memberikan efek perkembangan instan.

Kalau manajemen Persija Jakarta berminat, ada nama Milan Petrovic yang bisa dimasukkan sebagai opsi. Terlebih, Milan Petrovic sudah mempunyai rekam jejak apik sebagai pelatih juru selamat.

Kualitas Milan Petrovic pun sudah terbukti pada gelaran Liga 1 2018 lalu. Ia berhasil meningkatkan derajat Arema FC dari zona degradasi, menuju papan atas klasemen.

Milan Petrovic musim lalu baru ditunjuk sebagai pelatih kepala Arema FC saat Liga 1 2018 telah berlangsung delapan pekan. Kala itu, Milan Petrovic bertugas menggantikan Joko Susilo yang didepak manajemen Arema FC.

Kedatangan Milan Petrovic sebagai pelatih langsung dihiasi dengan tugas berat. Milan Petrovic harus mendapati tim yang diasuhnya sedang terdampar di dasar klasemen pekan ke-8 Liga 1 2018, dengan koleksi enam poin.

Tanpa diduga, dibebani tugas berat. Milan Petrovic ternyata malah mampu membawa Arema FC melangkah jauh. Buktinya saja, di akhir klasemen, Arema FC racikan Milan Petrovic mampu menempati urutan enam dengan koleksi 60 poin.

Melihat rekor yang dimiliki Milan Petrovic, manajemen Persija Jakarta sepertinya wajib sekali untuk mulai mempertimbangkan. Apalagi, kini Milan Petrovic belum memiliki klub baru, usai dilepas manajemen Arema FC pada akhir 2018 lalu.

Jadi, bagaimana Persija Jakarta dan para Jakmania? Jika ingin keluar dari zona degradasi dan bercokol di papan atas klasemen pada akhir musim nanti, Milan Petrovic dengan segala pengalamannya mungkin bisa melakukannya untuk Persija Jakarta.