Liga Indonesia

Timnas Indonesia U-23 Hadapi PSIM Yogyakarta, Ini Fokus Indra Sjafri

Sabtu, 1 Juni 2019 20:43 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Lanjar Wiratri
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Laga uji coba antara Timnas Indonesia U-23 melawan PSIM Yogyakarta di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (02/06/19) diprediksi akan dipadati penonton. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Laga uji coba antara Timnas Indonesia U-23 melawan PSIM Yogyakarta di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (02/06/19) diprediksi akan dipadati penonton. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi salah satu kontestan Liga 2, PSIM Yogyakarta pada uji coba di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (02/06/19). Itu adalah uji coba pertama skuat asuhan Indra Sjafri setelah terjun di kualifikasi Piala AFC U-23.

Ada misi khusus yang dibawa sang pelatih di uji coba besok malam. Salah satunya memberi kesempatan kepada para pemain baru untuk unjuk gigi dan mengeluarkan performa terbaik.

"Program TC (pemusatan latihan) tahap pertama memang digunakan untuk melihat potensi baru, termasuk di pertandingan besok. Karena tidak adil rasanya dengan banyak pemain, saya hanya bertumpu pada pemain yang sudah ada," kata Indra Sjafri dalam jumpa pers kepada awak media di Balaikota Yogyakarta, Sabtu (01/06/19).

Pelatih berusia 56 tahun itu sudah mengirimkan permintaan khusus kepada panitia pelaksana (panpel) dan tim lawan agar tidak ada batasan dalam pergantian pemain. Langkah itu dilakukan agar dirinya bisa menurunkan dan melihat performa seluruh pemain yang dibawa.

"Tapi proses pergantian nanti tidak setiap saat, mungkin antarbabak. Ini agar pertandingan tetap menarik dan tidak banyak berhenti. Biasanya televisi kurang berkenan dengan sistem itu," ujar dia.

Indra menilai pertandingan uji coba melawan PSIM akan bermanfaat bagi anak asuhnya yang tengah dipersiapkan untuk SEA Games 2019. Terlebih, laga besok malam juga menjadi persiapan terakhir skuat Garuda Muda sebelum terbang ke Singapura untuk mengikuti Merlion Cup pada 7-9 Juni 2019.

"Bagi kami, uji coba melawan PSIM sangat bermanfaat sekali. Kami TC tahap awal membawa 10 pemain baru, nantinya kami pilih beberapa untuk batas akhir pendaftaran SEA Games untuk mendaftarkan 40 pemain," tegasnya.