Liga Indonesia

Ungkapan Berkelas Dzumafo Sambut Hari Lahir Pancasila, Naturalisasi Sejati!

Sabtu, 1 Juni 2019 12:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Herman Dzumafo, striker Bhayangkara FC Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Herman Dzumafo, striker Bhayangkara FC

INDOSPORT.COM - Indonesia memperingati Hari Kelahiran Pancasila setiap 1 Juni. Hal ini berkaitan dengan sejarah bangsa, di mana para tokoh nasional berunding untuk merumuskan dasar negara Indonesia yang disampaikan oleh Ir. Soekarno dalam pidatonya pada 1 Juni 1945.

Belakangan, ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) seakan tergerus dan terlupakan, bahkan perpolitikan saat ini disebut sudah tidak lagi sesuai dengan asas-asas Pancasila.

Namun, tidak demikian dengan pesepak bola top Indonesia, Herman Dzumafo Epandi. Penyerang kelahiran Kamerun itu dengan bangga dan antusias menyambut Hari Kelahiran Pancasila.

Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, @dzuma99, pemain naturalisasi ini mengunggah lambang Pancasila, lengkap dengan makna dari Burung Garuda.

“Mari kita menjaganya sama-sama. Saya Pancasila, saya Indonesia,” tulis Dzumafo.

Di usianya yang hampir menginjak kepala empat (39 tahun), Dzumafo masih aktif bermain di Shopee Liga 1 2019. Sejak musim lalu, dia menjadi salah satu andalan di lini depan Bhayangkara FC.

Menjelang masa pensiunnya dari lapangan hijau, Dzumafo sempat mengutarakan keinginan membentuk sebuah Sekolah Sepak Bola (SSB) dan turut berkontribusi dalam memajukan sepak bola Tanah Air.