Bola Internasional

Jurnalis Asing Puji Penampilan Andri Syahputra di Piala Dunia

Minggu, 2 Juni 2019 19:24 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Aitor Alcalde - FIFA / Contributor / Getty Images
Andri Syahputra (kiri) saat berduel dengan Ayotomiwa Dele-Bashiru. Copyright: © Aitor Alcalde - FIFA / Contributor / Getty Images
Andri Syahputra (kiri) saat berduel dengan Ayotomiwa Dele-Bashiru.

INDOSPORT.COM – Andri Syahputra berhasil menunjukkan penampilan gemilang bersama Timnas Qatar U-20 di ajang Piala Dunia U-20 yang digelar di Polandia. Bahkan, berkat performa apiknya, Andri  mendapat pujian dari jurnalis asing.

Pujian kepada Andri datang dari jurnalis asing yang bekerja untuk kanal berita olahraga FOX Sports Asia dan Football Asia, Tomas Danicek. Menurut Danicek, Andri merupakan salah satu pemain dalam skuat Qatar U-20 yang penampilannya paling menonjol.

Danicek menilai, Andri punya kemampuan membaca permainan yang baik dan tahu kapan harus menekan lawan, serta kapan harus mengalirkan bola. Tak sebatas sampai di situ, Danicek juga menyebut Andri punya potensi dipanggil Timnas Qatar senior untuk gelaran Piala Dunia 2022.

Selain melayangkan pujian, Danicek juga menyebut beberapa aspek yang harus diperbaiki oleh pemain berusia 19 tahun tersebut. Salah satunya adalah soal mengambil keputusan kapan harus mengumpan dan kapan harus menahan bola.

Menurut Danicek, Andri harus meningkatkan lagi kemampuannya dalam hal distribusi bola di lini tengah. Hal ini sangat penting karena Andri bermain sebagai gelandang tengah, dan memegang peran sebagai playmaker.

Andri sendiri selalu menjadi pilihan utama Timnas Qatar dalam tiga pertandingan fase grup Piala Dunia U-20 2019. Namun sayang, pemain kelahiran Lhokseumawe itu gagal membawa Qatar lolos dari babak penyisihan grup.

Dari tiga pertandingan fase grup, Qatar selalu menelan kekalahan, yakni kalah 0-4 dari Nigeria, kemudian menyerah 0-1 dari Ukraina, dan takluk 0-1 dari Amerika Serikat pada pertandingan terakhir Grup D. Akibat tiga kekalahan tersebut, Qatar menempati dasar klasemen akhir Grup D dengan nilai nol, dan gagal melaju ke putaran berikutnya.