Bola Internasional

Indonesia dan Festival Toulon 2017, Kesempatan Emas Tanpa Hasil Maksimal

Senin, 3 Juni 2019 17:51 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Toulon Cup
Logo Toulon Cup. Copyright: © Toulon Cup
Logo Toulon Cup.

INDOSPORT.COM – Timnas sepak bola Indonesia U-19 tahun 2019 ini tidak mengikuti turnamen internasional junior Toulon yang berlangsung 1 hingga 15 Juni 2019.

Timnas Indonesia U-19 terakhir mengikuti festival Toulon pada 2017. Saat itu, Egy Maulana Vikri masih tampil bersama skuat Timnas U-19.

Jauh-jauh ke Prancis, Timnas Indonesia U-19 gagal meraih kemenangan dari tiga pertandingan di grup C yang dihuni Skotlandia, Republik Ceko, dan Brasil.

Timnas Indonesia U-19 kalah 0-1 melawan Brasil, 0-2 dari Republik Ceko, dan 1-2 menghadapi Skotlandia. Meski terus menelan kekalahan, penampilan tim asuhan Indra Sjafri disebut mampu mengimbangi permainan tim-tim junior dunia.

Egy Maulana Vikri bahkan membawa pulang Jouer Revelation Trophee yang pernah diraih Zinedine Zidane (1991) dan Cristiano Ronaldo (2003).

Namun demikian, gelimang pujian dari media asing asal Brasil dan Prancis tidak lantas membuat Timnas Indonesia U-19 mampu mewujudkan target yang sesungguhnya, yakni juara Piala AFF U-18 2017 dan bersaing kualifikasi Piala Asia U-19 2018.

Pada Piala AFF U-18 2017 di Myanmar, Timnas Indonesia gagal meraih juara dan pulang dengan medali perak usai membantai tuan rumah 7-1. Egy Maulana Vikri semakin menanjak pamornya usai keluar sebagai pemain terbaik dan top skor dengan 8 gol.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Egy Maulana Vikri tengah duduk di lapangan hijau. Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimEgy Maulana Vikri tengah duduk di lapangan hijau.

Penampilan anak asuh Indra Sjafri berjalan antiklimaks. Mencetak 19 gol dan menghuni puncak klasemen, di semifinal Timnas U-19 tumpul saat bertemu Thailand yang akhirnya keluar sebagai juara.

Penurunan terus dialami Garuda Nusantara takala menjalani kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Sudah pasti lolos sebagai tuan rumah, Timnas U-19 justru melempem di grup F yang dihuni tuan rumah kualifikasi Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste, dan Brunei Darussalam.

Menang 5-0 dari Timor Leste dan Brunei, Timnas Indonesia U-19 kalah telak 0-4 dari Korea Selatan dan 1-4 dari negara tetangga Malaysia.

Target di dua ajang yang dijalani Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan selepas Festival Toulon di Prancis tidak ada yang tercapai satu pun. Timnas Indonesia U-19 gagal meraih juara Piala AFF dan gagal menunjukkan keperkasaan di hadapan Korea Selatan dan Malaysia.

Kini sudah dua tahun Indonesia absen di Festival Toulon. Selain karena kesibukan pemain Timnas U-19 bersama klub, Indonesia lebih memilih menjalani program di Inggris bertajuk Garuda Select.

Menarik untuk membandingkan hasil yang diraih Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2019 nanti dengan pencapaian Timnas U-19 dahulu usai mencicipi turnamen Toulon 2017 di Prancis.