Bola Internasional

Festival Toulon, Turnamen Usia Muda Penghasil Bintang Sepak Bola Kelas Dunia

Senin, 3 Juni 2019 12:36 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Toulon Cup
Logo Toulon Cup. Copyright: © Toulon Cup
Logo Toulon Cup.

INDOSPORT.COM – Turnamen Toulon atau Toulon Cup merupakan kompetisi sepak bola antar negara yang cukup bergengsi di kalangan usia muda.

Ajang ini telah dilangsungkan sejak 1967 silam dan diselenggarakan setiap satu tahun sekali mulai 1974. Toulon Cup pun secara konsisten bergulir hingga saat ini.

Toulon Cup sendiri nyatanya tidak berada dalam naungan asosiasi nasional atau otoritas tertinggi sepak bola dunia, yakni FIFA.

Oleh karenanya, Toulon Cup dianggap sebagai turnamen paling bergengsi dari semua pertandingan persahabatan yang melibatkan tim nasional U-21.

Bahkan Toulon Cup sempat dianggap sebagai kejuaraan dunia tidak resmi sebelum akhirnya FIFA memperkenalkan World Youth Cup pada 1977 silam.

Pada era sepak bola modern saat ini, Toulon Cup menambahkan jumlah pesertanya menjadi 12 tim dan mengganti formatnya menjadi tiga grup.

Karena sebelumnya, Toulon Cup hanya mendaftarkan 10 tim nasional, yang dibagi ke dalam dua grup. Artinya, ada lima tim nasional di setiap grupnya.

Aksi Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup 2017

© Mark Donaldson/ESPN/Scottish FA
Anthony Ralston, bek andalan Skotlandia, merayakan keberhasilan negaranya mengalahkan Indonesia dengan susah payah. Copyright: Mark Donaldson/ESPN/Scottish FAAnthony Ralston, bek andalan Skotlandia, merayakan keberhasilan negaranya mengalahkan Indonesia dengan susah payah.

Timnas Indonesia U-19 sendiri pernah merasakan atmosfer Toulon Cup pada edisi 2017 lalu. Saat itu mereka tergabung dalam Grup C bersama Skotlandia, Rep. Ceko, dan Brasil.

Sayangnya, Timnas Indonesia U-19 tak mampu lolos dari babak penyisihan grup. Itu terjadi karena mereka selalu menelan kekalahan di setiap pertandingannya.

Kekalahan perdana Timnas Indonesia U-19 terjadi ketika berhadapan dengan Brasil di laga pembuka penyisihan Grup C Toulon Cup. Saat itu, mereka tumbang 0-1.

Timnas Indonesia U-19 kembali menelan kekalahan di dua laga selanjutnya ketika menghadapi dua tim Eropa, yakni Rep. Ceko (0-2) dan Skotlandia (1-2).

Alhasil, Timnas Indonesia U-19 harus mendekam di dasar klasemen tanpa mengantongi satu poin pun. Sedangkan dua tim yang lolos ke babak gugur adalah Rep. Ceko dan Skotlandia.

Satu-satunya pemain yang berhasil mencetak gol di turnamen tersebut adalah pemain muda milik Bali United, yakni Hanis Saghara Putra. Itu ia sarangkan ketika melawan Skotlandia.

Terlepas dari itu, Timnas Indonesia U-19 tak lagi mendapatkan kesempatan bermain di Toulon Cup 2019. Hanya ada empat tim Asia yang berpartisipasi, yakni Bahrain, China, Jepang, dan Qatar.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%