Bola Internasional

Pemain PSG Diminta Perkuat Timnas Indonesia

Senin, 3 Juni 2019 22:01 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Para warganet asal Indonesia menginginkan wonderkid yang membela Paris Saint-Germain B, Levi Opdam, untuk membela Timnas Indonesia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Para warganet asal Indonesia menginginkan wonderkid yang membela Paris Saint-Germain B, Levi Opdam, untuk membela Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Warganet asal Indonesia meminta pemain yang membela Paris Saint-Germain B (PSG B), Levi Opdam, untuk membela Timnas Indonesia di kancah internasional. Hal tersebut terlihat di unggahan akun Instagram Opdam, @leviopdam, pada Senin (3/6/19).

Opdam mengunggah fotonya berseragam Les Parisiens ketika sedang merumput. Ia terlihat sedang mengejar bola di sisi kanan lapangan.

Netizen yang diketahui berasal dari Indonesia kemudian berkomentar di unggahan Opdam dengan berharap suatu saat nanti ia akan berseragam Timnas Indonesia. Akun @eusmany mengatakan: “Datanglah, bergabung bersama kami (Indonesia).”

Tak hanya itu, setidaknya ada lima warganet yang berkomentar dengan memberikan emoticon bendera Indonesia untuk pemain berposisi bek kanan ini.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Levi Opdam (@leviopdam) on

Komentar mengenai ajakan ke Timnas Indonesia itu bukanlah yang pertama kalinya di unggahan Opdam. Dalam beberapa foto Opdam sebelumnya, para warganet pun banyak yang membanjiri kolom komentar dengan bendera Indonesia.

Opdam merupakan pemain berusia 23 tahun yang baru saja direkrut oleh PSG pada Januari 2019 lalu. Ia dikontrak selama lima bulan hingga Juni ini dan hingga saat ini, ia tercatat telah bermain tujuh kali untuk klub yang juga dibela oleh Neymar itu.

Sebelumnya, ia membela AZ Alkmaar di Eredivisie Belanda. Ia tercatat membela AZ dalam satu penampilan ketika melawan Vitesse Arnhem pada musim 2015/16. Ia bermain sebagai starter dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 1-1 itu.

Opdam sebelumnya masuk dalam daftar 24 nama pemain keturunan Indonesia yang dipantau oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada April 2017 lalu. Dengan surat edaran No.00862/DM/03/59/09, daftar nama tersebut menjadi proyeksi untuk memperkuat masa depan Timnas Indonesia.

Namun, hingga saat ini, belum ada tanda-tanda Levi Opdam akan berseragam Timnas Indonesia di kancah internasional. Sejauh ini, pemain Belanda keturunan Indonesia yang mengaku ingin membela skuat Garuda dalam waktu dekat ialah Marc Klok dan Sandy Walsh.