Liga Champions

Skuat Terbaik Liga Champions 2018/19 versi UEFA: Dominasi Sang Juara

Senin, 3 Juni 2019 17:37 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© TF-Images/Getty Images
Kegembiraan ditunjukan oleh para pemain Liverpool keluar sebagai juara Liga Champions musim ini. TF-Images/Getty Images Copyright: © TF-Images/Getty Images
Kegembiraan ditunjukan oleh para pemain Liverpool keluar sebagai juara Liga Champions musim ini. TF-Images/Getty Images

INDOSPORT.COM – Sang juara Liverpool mendominasi skuat terbaik Liga Champions 2018/19. Tim asuhan Jurgen Klopp itu mengirim enam pemainnya dalam daftar skuat terbaik yang dirilis oleh UEFA (induk tertinggi sepak bola Eropa).

Liverpool menjadi tim dengan pemain terbanyak dalam daftar tersebut. Enam pemain Liverpool yang masuk dalam daftar skuat terbaik Liga Champions 2018/19 adalah Alisson Becker, Virgil van Dijk, Trent Alexander-Arnold, Andy Robertson, Giorginio Wijnaldum, dan Sadio Mane.

Penjaga gawang Alisson Becker dan bek tangguh Virgil van Dijk menjadi kunci kokohnya lini belakang Liverpool di ajang Liga Champions ini. Sedangkan Trent Alexander-Arnold dan Andy Robertson menambah agresivitas pasukan Jurgen Klopp di sektor sayap.

Dominasi Liverpool dalam daftar skuat terbaik Liga Champions 2018/19 versi UEFA semakin dipertegas oleh keberadaan Giorginio Wijnaldum dan Sadio Mane. Wijnaldum menjadi motor serangan Si Merah di lini tengah, sementara Mane tampil tajam dengan gelontoran empat gol di kompetisi Eropa.

Selain Liverpool, Ajax juga mengirim cukup banyak pemain dalam daftar skuat terbaik Liga Champions 2018/19. Tim semifinalis itu mengirim lima pemain, yaitu Matthijs de Ligt, Hakim Ziyech, Frenkie de Jong, David Neres, dan Dusan Tadic.

Tim finalis lain, Tottenham Hotspur, menempatkan tiga pemainnya, yakni Jan Vertonghen, Moussa Sissoko, dan Lucas Moura. Sedangkan nama-nama lain yang menghiasi daftar skuat terbaik Liga Champions 2018/19 diantaranya Kevin de Bruyne dan Raheem Sterling (Manchester City), Lionel Messi (Barcelona), Cristiano Ronaldo (Juventus), dan gelandang muda milik Lyon, Tanguy Ndombele.

Skuat terbaik Liga Champions 2018/19 sendiri diisi oleh 20 pemain yang mendapat penilaian dari tim UEFA Technical Observers. Beberapa nama pelatih dan eks pemain ikut menjadi bagian dalam tim penilai tersebut, di antaranya Thomas Schaaf, David Moyes, Gareth Southgate, dan mantan pemain legendaris Real Madrid, Raul Gonzalez.