Liga Indonesia

Tinggalkan Persija Jakarta, Ini Rekam Jejak Ivan Kolev di Sepak Bola Indonesia

Selasa, 4 Juni 2019 06:48 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© persija.id/INDOSPORT
Jejak karier Ivan Kolev di sepak bola Indonesia, melatih di Persija Jakarta, Timnas Indonesia dan beberapa klub besar. (Foto: persija.id/INDOSPORT) Copyright: © persija.id/INDOSPORT
Jejak karier Ivan Kolev di sepak bola Indonesia, melatih di Persija Jakarta, Timnas Indonesia dan beberapa klub besar. (Foto: persija.id/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Ivan Kolev yang baru saja mengundurkan diri dari Persija Jakarta ternyata punya jejak karier yang cukup panjang di sepak bola Indonesia.

Ivan Kolev resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih kepala Persija Jakarta saat Liga 1 2019 baru memainkan tiga pertandingan, Senin (06/03/19) kemarin malam.

Keputusan tinggalkan Persija Jakarta diyakini karena Ivan Kolev merasa bertanggung jawab dengan sederet penampilan tim asuhannya, khususnya di awal Liga 1 2019.

Ivan Kolev sendiri baru melatih Persija Jakarta usai ditunjuk pada awal Januari 2019 lalu. Pelatih asal Bulgaria itu menggantikan Stefano Cugurra Teco yang memilih Bali United untuk Liga 1 2019.

Usai terhenti di babak 8 besar di Piala Presiden 2019, harus puas berakhir di fase grup Piala AFC 2019 dan tanpa kemenangan di tiga pekan perdana Liga 1 2019, Ivan Kolev pun tinggalkan Persija Jakarta.

Namun meski punya catatan buruk di Persija Jakarta pada Liga 1 2019, Ivan Kolev ternyata punya jejak karier yang cukup panjang di sepak bola Indonesia. Seperti apa?

Berikut INDOSPORT coba rangkum sederet klub sepak bola Indonesia yang pernah merasakan tangan dingin Ivan Kolev. Kita mulai dari awal pertama Ivan Kolev datang ke Indonesia.

Pertama Kali Ivan Kolev ke Indonesia

© Internet
Caption Copyright: InternetIvan Kolev ketika awal karier sebagai pelatih di sepak bola Indonesia.

Ternyata datang ke sepak bola Indonesia pada tahun 1999 silam, klub pertama yang dilatih Kolev adalah Persija Jakarta. Saat itu, Kolev sukses besar dengan membawa Macan Kemayoran menjadi runner-up Liga Indonesia tahun 2000.

Tak hanya menjadi runner-up Liga Indonesia musim 1999/2000, Ivan Kolev juga membawa Persija Jakarta menjuarai Piala Sultan Brunei di tahun 2000.

Ivan Kolev juga punya andil dalam membentuk skuat Persija Jakarta, yang pada 2001 silam berhasil menjadi juara Liga Indonesia bersama pelatih lokal, Sofyan Hadi.

Timnas Indonesia senior

Setelah meninggalkan Persija Jakarta, Kolev sempat kembali ke Bulgaria untuk melatih tim nasional U-20 negara kelahirannya itu. Dia melatih di sana dari tahun 2002 hingga 2004.

Setelah itu, Kolev kembali ke Tanah Air untuk membela Timnas Indonesia senior di Piala AFF 2002 silam. Kolev menunjukkan kualitasnya sebagai pelatih, dengan membimbing Timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2002 usai tumbang dari Thailand di partai final.

Karena dirasa tak mampu membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF 2002, kerja sama dengan Kolev pun diakhiri dan pelatih asal Bulgaria ini melatih Myanmar di Piala AFF 2004 silam.