Liga Inggris

6 Peraturan Baru yang Bakal Berlaku di Liga Primer Inggris Musim 2019/20

Rabu, 5 Juni 2019 18:01 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Inilah enam peraturan baru yang akan diberlakukan pada kompetisi Liga Primer Inggris 2019/20. Peraturan baru tersebut akan mulai berlaku saat Liga Inggris musim baru bergulir pada pada 10 Agustus 2019.

Sebanyak 20 tim akan bersaing untuk mendapatkan posisi terbaik di kasta tertinggi liga sepak bola klub Inggris tersebut. Ternyata, semua klub tersebut harus bermain dengan peraturan baru yang sudah disahkan oleh International Football Association Board (IFAB) yang merupakan badan kepengurusan yang menentukan aturan permainan sepak bola internasional.

Berikut enam peraturan baru Liga Primer Inggris 2019/20 seperti dilansir dari laman portal berita olahraga 90 Min dan Essentially Sports:

1. Handball

Jika bola mengenai tangan pemain penyerang saat hendak mencetak gol, entah sengaja atau tidak, maka gol tersebut tidak akan disahkan oleh wasit.

Sebaliknya, tim yang tengah bertahan akan mendapatkan tendangan bebas yang disebabkan oleh handball pemain lawan.

2. Tendangan Bebas

Pemain penyerang tidak diperkenankan menjadi pagar betis saat tendangan bebas. Pagar betis harus memiliki setidaknya tiga pemain dan penendang harus berjarak minimal satu meter jauhnya dari pagar hidup tersebut.

3. Tendangan Penalti

Kiper wajib setidaknya menempatkan satu kaki mereka tepat di garis gawang saat tendangan penalti dilakukan.

Selain itu, penjaga gawang juga dilarang untuk bergerak di garis gawang atau menyentuh tiang gawang sebelum tendangan penalti dilakukan.

4. Pergantian Pemain

Para pemain yang akan diganti diwajibkan untuk meninggalkan lapangan dari titik terdekat mereka. Kebijakan ini diberlakukan untuk menghindari aksi 'buang-buang waktu' dari pemain yang timnya sedang dalam posisi unggul.

5. Kartu bagi Pelatih

Para pelatih sepak bola sekarang bisa saja dikenai sanksi berupa kartu merah atau kuning tergantung pelanggaran apa yang mereka perbuat.

6. Drop Ball

Drop Ball adalah sebuah istilah yang digunakan ketika wasit menjatuhkan bola setelah menghentikan permainan sementara karena adanya pelanggaran atau hal lain.

Sekarang, semua pemain dari kedua tim (kecuali pemain yang akan mendapat bola) harus berdiri setidaknya sejauh empat meter dari bola yang akan dijatuhkan secara vertikal oleh wasit.