Ayo Kawal! Ini Janji-janji Presiden Jokowi kepada Dunia Olahraga

Rabu, 29 Mei 2019 14:15 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Merdeka.com/Arie Basuki/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Presiden petahan, Jokowi masukan agenda bakal tuan rumah Formula 1 di Indonesia. Copyright: © Merdeka.com/Arie Basuki/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Presiden petahan, Jokowi masukan agenda bakal tuan rumah Formula 1 di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Presiden Jokowi ternyata punya sederet janji kepada dunia olahraga, baik itu selama kampanye Pemilihan umum Presiden Indonesia 2019 lalu, atau saat masa kepemimpinannya.

Pilpres pun sudah dilaksanakan pada April lalu dan pengumuman dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan bahwa pasangan nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang dengan raihan 55,5% persen suara.

Meski pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 masih akan dilantik pada tanggal 20 Oktober 2019 mendatang, tapi kemenangan sudah bisa disematkan kepada pasangan nomor urut 01.

Sudah menang dan akan segera lanjut ke periode kedua, tentu pekerjaan rumah yang teramat besar sedang menanti Jokowi. Apalagi kalau bukan memenuhi janji-janjinya selama kampanye.

Sesuai dengan INDOSPORT.COM yang merupakan portal berita olahraga, kami pun ingin mengingatkan para pecinta olahraga seluruh Indonesia untuk mengingat dan mengawal janji-janji Jokowi di bidang ini.

Janji-janji tersebut harus direalisasikan oleh Jokowi di periode keduanya sebagai Presiden Republik Indonesia mendatang. Pasalnya, ini merupakan hal penting untuk memotivasi para atlet kita agar lebih berprestasi.

1. Janji Jokowi soal Perkembangan e-Sports

© INDOSPORT
E-SPORTS Copyright: INDOSPORTE-SPORTS

Yang paling terbaru didengar oleh para pendukung olahraga Indonesia adalah janji Jokowi kepada perkembangan e-Sports, yang juga jadi pembahasan dalam salah satu debat Pilpres 2019.

Jokowi mengaku tahu betul dengan perkembangan ekonomi di bidang e-Sports yang sangat pesat. Oleh karena itu, dia merasa pemerintah harus merespons cepat terkait perkembangan teknologi.

"Ini profesi anak muda yang senang jadi gamer. Maka dari itu, pemerintah mencoba memfasilitasi dengan membangun infrastruktur internet seperti broadband, Palapa Ring dan 4G. Kedua, membangun ekosistem yang nyaman," ucap Jokowi.

Untuk yang belum familiar dengan nama Palapa Ring, itu adalah proyek pembangunan jaringan serat optik yang mengitari tujuh pulau nantinya, yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Palapa Ring ini ternyata merupakan proyek pemerintah yang awalnya dijalankan pada 1998. Proyek ini sempat mangkrak sangat lama karena masalah pendanaan.

Oleh karena itu, menarik untuk ditunggu apakah benar pada periode kedua, Jokowi mampu menyelesaikannya. Jika selesai, ini tentu akan sangat membantu kenyamanan atlet-atlet kita di bidang e-Sports.

1