Bola Internasional

Patut Bangga, Sederet Pemain Indonesia Pernah Bawa Klub Luar Negeri Promosi

Rabu, 29 Mei 2019 13:44 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sederet pemain Indonesia ternyata pernah membawa klub luar negeri meraih promosi ke kasta teratas sepak bola internasional.

Dengan bisa membawa klub luar negeri promosi tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi sang pemain termasuk Indonesia, yang menjadi negara asalnya.

Perjuangan untuk bisa membawa klub naik kasta tak mudah. Mengingat para peserta kompetisi menargetkan hal serupa agar gengsi semakin tinggi.

Terlebih jika pemain-pemain Indonesia ini bisa terus tampil di setiap pertandingan bersama klub luar negeri, maka dampak pada tim begitu terasa.

Dengan promosi sang pemain bakal tercatat pernah meraih gelar juara. Tentu portfolio kariernya sebagai pesepak bola semakin mentereng.

Berikut deretan pemain-pemain Indonesia yang pernah membawa klub luar negeri meraih promosi. Siapa saja kira-kira?

1. David Laly

© Madura United
David Laly berseragam Madura United. Copyright: Madura UnitedDavid Laly berseragam Madura United.

Pemain asal Wamena, David Laly, pernah membawa klub luar negeri, yakni Felcra FC promosi dari Liga Primer Malaysia 2018 ke Liga Super Malaysia 2019.

Kepastian Felcra FC promosi didapat usai menang 2-0 atas Serawak FA di pekan terakhir. Sehingga Felcra FC finis di urutan kedua dengan mengemas 34 poin dari 20 laga.

Kendati demikian Felcra FC mesti dibubarkan lantaran tak sanggup membiayai klub bermain di kasta teratas sepak bola Malaysia. David Laly kini bermain untuk Madura United.

2. Ryuji Utomo

© Instagram/@ryujiutomo
Pemain PTT Rayong Ryuji Utomo merengkuh gelar Thai League 2 2018. Copyright: Instagram/@ryujiutomoPemain PTT Rayong Ryuji Utomo merengkuh gelar Thai League 2 2018.

Kemudian ada Ryuji Utomo yang juga pernah merasakan promosi bersama klub luar negeri, yakni PTT Rayong, yang terjadi pada musim 2018 lalu.

PTT Rayong menang di laga pamungkas dengan skor 2-0. Dengan begitu PTT Rayong resmi meraih gelar juara Thai League 2 2018 usai finis diposisi pertama dengan 56 poin dari 28 laga.

Ryuji Utomo saat ini kembali bermain untuk Persija Jakarta di Liga 1 2019. Sementara itu PTT Rayong kembali mengontrak pemain Indonesia, Victor Igbonefo.

3. Ezra Walian

© rkcwaalwijk
Ezra Walian berusaha keluar dengan membawa bola dari lawan. Copyright: rkcwaalwijkEzra Walian berusaha keluar dengan membawa bola dari lawan.

Terakhir ada striker naturalisasi Ezra Walian yang berhasil membawa RKC Waalwijk promosi dari Eerste Divisie (2018/2019) ke Eredivise musim depan (2019/2020).

Kepastian Ezra Walian promosi ketika mengalahkan Go Ahead Eagles dengan skor 5-4 di leg kedua babak play-off yang berlangsung Rabu (29/05/19) malam.