Bola Internasional

Selain Maurizio Sarri, Inilah 5 Pelatih Ternama yang Juga Perokok

Kamis, 6 Juni 2019 04:12 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Belum lama ini publik dikejutkan dengan beredarnya sebuah foto yang menampilkan sosok Maurizio Sarri yang tengah menikmati sebatang rokok di bench Chelsea kala final Liga Europa 2018/19 di Baku, Azerbaijan

Selain foto juga ada sebuah video rekaman dimana Sarri mengeluarka cerutu saat para pemain Chelsea akan menerima medali juara. Hal tersebut menjadikan dirinya bahan perbincangan di sosial media oleh para pecinta sepak bola.

Sepak bola dan rokok memang dianggap berlawanan. Hal ini dikarenakan efek negatif dari asap tembakau dapat menggangu kesehatan yang menjadi elemen penting dalam olahraga satu ini. Namun, hal ini nampaknya tak berlaku bagi Sarri dan lima pelatih lainnya yang juga sama-sama perokok.

Lalu, siapa saja pelatih sepak bola ternama yang hobi menghisap tembakau kering tersebut ? Dilansir dari Sportskeeda, berikut tim INDOSPORT sajikan kelima juru taktik tersebut.

1. Joachim Loew

Pelatih Timnas Jerman ini mengakui bahwa dirinya seorang perokok saat ia kedapatan tengah menghisap tembakau saat menyaksikan laga perempatfinal Euro 2008 kala Der Panzer menang atas Portugal.

Sempat dikritik atas aksinya tersebut, Joachim Loew langsung membalas dengan menyebut kelakuannya adalah hal yang manusiawi.

2. Carlo Ancelotti

Pelatih yang kini melatih Napoli ternyata perokok aktif. Dari berita yang beredar disebutkan bahwa dirinya memang telah merokok sejak umur 25.

Bahkan dirinya pernah ditegur oleh ofisial pertandingan karena merokok di bench kala tim yang ia latih, AC Milan, mengunjungi Celtic pada laga Liga Champions tahun 2007.

3. Johan Cruyff

Legenda sepak bola Belanda ini memang seorang perokok aktif bahkan dari saat ia masih bermain dan melatih. Dikabarkan, ia dapat menghabiskan 20 batang rokok dalam sehari sebelum berhenti karena sempat operasi jantung.

Bahkan ia pernah menyebut rokok hampir mengambil semua kehidupan yang ia raih selama bermain sepak bola.

4. Marcelo Lippi

Pelatih yang berhasil mengantarkan Timnas Italia menjadi juara Piala Dunia 2006 ini memang perokok akut. Ia dikabarkan telah merokok sejak remaja. Bahkan nampaknya rokok telah menjadi bagian dari kehidupannya.

5. Slaven Bilic

Mantan pelatih timnas Kroasia ini memang memiliki tampilan nyentrik bak mafia. Selain perokok berat, ia juga salah seorang personil band metal bernama Rawbau. Mungkin dialah satu-satunya juru taktik terkeren didunia.

Akibat kebiasaanya yang suka menghisap tembakau, ia pernah dihukum oleh federasi sepak bola Turki karena kedapatan merokok didalam Stadion. Itulah sejumlah pelatih sepak bola terkenal yang tak bisa melepas dari merokok.