Liga Indonesia

Siswantoro, Asisten Pelatih Arema FC yang Tidak Bisa Lepas dari Dunia Si Kulit Bundar

Kamis, 6 Juni 2019 10:45 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT/Ian Setiawan
Siswantoro saat masih menjadi pelatih Persekam Metro FC jelang play-off Copyright: © INDOSPORT/Ian Setiawan
Siswantoro saat masih menjadi pelatih Persekam Metro FC jelang play-off

INDOSPORT.COM - Siswantoro menjadi satu-satunya asisten pelatih dalam tim pelatih pimpinan Milomir Seslija, yang mempunyai jam super sibuk yang lekat dengan dunia olahraga dalam kehidupan sehari-hari.

Menggantikan posisi Joko Susilo di tim kepelatihan Arema FC, Siswantoro melengkapi kuartet mantan pemain Arema, yaitu Kuncoro, Singgih Pitono dan Yanuar Hermansyah. Namun dari tiga koleganya itu, hanya dia yang berstatus rangkap jabatan.

Libero tangguh tim Singo Edan di era Liga Indonesia itu merupakan guru di sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Malang, serta pengajar UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di sebuah universitas terkemuka Kota Malang.

"Saya mengajar pelajaran olahraga di SMK Negeri 1 (Kecamatan) Tumpang. Juga melatih UKM sepak bola di IKIP Budi Utomo," ucap Siswantoro kala waktu senggangnya berbincang dengan INDOSPORT.

Kesibukan dalam mengajar itu memang sudah dilakoninya dalam beberapa tahun terakhir. Terutama saat masih mengasuh Dedik Setiawan maupun Jayus Hariono di tim Persekam Metro FC yang mengarungi kompetisi Liga 2.

"Tapi karena tahun ini masuk Arema, ya prioritasnya di sini. Jadwal mengajarnya menyesuaikan," mantan bek tangguh Arema, Persema Malang dan Persik Kediri itu menambahkan.

Semangatnya yang memang tidak bisa lepas dari dunia si kulit bundar pun tidak bisa ditawar lagi. Tawaran masuk ke dalam jajaran pelatih Arema FC langsung disambarnya, setelah melepas jabatan pelatih kepala di Persekam Metro FC pasca terdegradasi dari Liga 2 tahun lalu.