Liga Indonesia

Libur Lebaran, Ini Saran Akmal Marhali untuk PSSI Soal Wasit

Jumat, 7 Juni 2019 13:30 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kompetisi Shopee Liga 1 2019 tengah memasuki masa rehat selama libur Hari Raya Idul Fitri. Para stakeholder sepak bola Indonesia, mulai dari pemain, pelatih, hingga wasit merasakan libur sejenak dari padatnya jadwal pertandingan.

Saat libur berjalan, pihak federasi tertinggi sepak bola Indonesia yakni PSSI tidak seharusnya diam aja. Mereka tetap harus memikirkan pembenahan apa saja yang seharusnya dilakukan, terutama soal wasit yang dalam beberapa pekan awal sangat disorot.

Save Our Soccer (SOS) sebagai lembaga independen yang mengawasi persepakbolaan Indonesia memiliki saran untuk federasi supaya lebih baik ke depannya, terutama soal wasit.

“Adakan pertemuan para wasit, lakukan evaluasi sementara supaya tidak terulang-ulang kejadian janggal di lapangan,” ujar koordinator SOS, Akmal Marhali, kepada INDOSPORT Sabtu (1/6/19)

“Kendalanya apa harus segera diselesaikan, misal beri terobosan baru soal sanksi wasit, bisa berupa denda terhadap mereka yang salah mengambil keputusan supaya ada efek jera,” tambah Akmal.

Kejadian janggal di lapangan hijau memang menghiasi beberapa pertandingan Shopee Liga 1 2019. Kasus diving pemain PSS Sleman, Kushedya Hari Yudo, dan aksi brutal Elisa Basna kepada pemain PSIS yang hanya diganjar kartu kuning oleh wasit adalah contohnya.

Keteledoran wasit dalam memimpin pertandingan dikhawatirkan mampu membakar emosi para pelaku sepak bola mulai dari pemain, ofisial dan bahkan hingga suporter. Wacana PSSI tentang penggunaan VAR sudah seharusnya segera direalisasikan.