Komunitas Sehat

Hanya 15 Menit, 5 Olahraga Ini Bikin Momen Lebaran Anda Lebih Sehat

Sabtu, 1 Juni 2019 18:01 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© RSCF
Ilustrasi olahraga joging. Copyright: © RSCF
Ilustrasi olahraga joging.

“Lebaran tiba… Lebaran Tiba…”

Penggalan lagu di atas tentu sudah sangat melekat bagi mereka yang menjalankan, di mana pastinya banyak kaum Muslim yang akan mudik untuk bertemu dengan keluarga tercinta di kampung halamannya masing-masing.

Momen ini tentunya tak akan disia-siakan karena tak jarang mereka harus menunggu satu tahun lamanya baru bisa bertemu dengan anggota keluarga maupun rekan yang berada di kampung halaman karena harus disibukkan dengan pekerjaan.

Mengisi waktu libur lebaran, bukan berarti kita tidak bisa berolahraga, karena olahraga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja asal ada niat yang tinggi di dalam hati.

Mungkin ada yang meluangkan waktunya untuk melakukan olahraga yang sangat menguras tenaga seperti sepak bola, futsal, basket, bulutangkis, dan sebagainya, namun olahraga ringan agar badan tetap sehat dan bugar pun ada.

Bahkan, hal ini juga bisa dilakukan bagi mereka yang tidak mudik atau memang tinggal dan bekerja di kampung halamannya sendiri.

Lalu, olahraga apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT memaparkannya:

Jalan Kaki

© VideoBlocks
Jalan kaki merupakan salah satu bagian dari olahraga. Copyright: VideoBlocksJalan kaki merupakan salah satu bagian dari olahraga.

Jelas olahraga yang satu ini sangat ringan, mudah, dan gratis. Apalagi, setiap harinya kita perlu juga jalan kaki bukan?

Namun, jalan kaki yang dimaksud bukan hanya sekedar untuk menuju kamar mandi, kamar tidur, meja makan, atau ke ruang tamu, tetapi jalan kaki mengelilingi halaman atau komplek dalam rumah.

Luangkan waktu Anda minimal hanya sekitar 15 menit saja untuk berjalan kaki, karena setidaknya tubuh juga perlu bergerak agar aliran darah dan kekebalan dalam tubuh bisa berjalan semakin lancar.

Jogging

© internet
Caption Copyright: internetIlustrasi jogging.

Sama seperti jalan kaki, jogging juga sangat diperlukan agar bisa menambah stamina dan membuat jantung kita semakin sehat.

Tak perlu lama-lama sampai 1 jam, cukup 15 menit saja Anda bisa membuat stamina terjaga dan tetap bugar selama libur lebaran.

Menariknya lagi, berjalan kaki atau jogging dengan sanak keluarga jelas terasa lebih menyenangkan.

Senam

© Istimewa
Ilustrasi gerakan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ). Copyright: IstimewaIlustrasi gerakan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ).

Senam yang dimaksud adalah senam untuk meregangkan otot seperti yang dilakukan semasa pelajaran olahraga di Sekolah Dasar (SD).

Paling tidak, Anda bisa menggerakkan tubuh dengan gerakan-gerakan tertentu agar tidak terlalu kaku atau mudah sakit

Workout

© Popsugar
Ilustrasi jumping jack. Copyright: PopsugarIlustrasi jumping jack.

Mungkin tidak sedikit yang mengira olahraga yang satu ini cukup berat, namun tenang saja karena tidak semua olahraga workout terasa berat.

Anda bisa mengambil 3 jenis workout saja yang menggunakan berat tubuh Anda sebagai media olahraganya.

Misalnya seperti push up, sit up, atau bisa juga jumping jacks (gerakan melompat dengan merentangkan tangan dan kaki kemudian dirapatkan secara bersamaan).

Ya, semua gerakan olahraga di atas cukup Anda lakukan 15 menit saja agar stamina dan kebugaran Anda tetap terjaga.

Tentunya, Anda tidak mau dong selama lebaran atau pasca lebaran Anda malah sakit, padahal butuh tenaga yang kuat agar bisa kembali bekerja.

Jika sudah berolahraga selama 15 menit, berbincang-bincang atau menghabiskan waktu dengan keluarga pun akan terasa lebih menyehatkan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%