Bola Internasional

Mengenal Stadion Tertua di Dunia, yang Sudah Digunakan Sejak Tahun 1860

Jumat, 7 Juni 2019 08:03 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
© crosspool.info
Stadion tertua di Dunia, Sandygate. Copyright: © crosspool.info
Stadion tertua di Dunia, Sandygate.

INDOSPORT.COM - Status sebagai stadion sepak bola tertua di dunia saat ini masih dipegang oleh kandang Hallam FC, Stadion Sandygate.

Tak banyak penggemar sepak bola yang tahu bahwa salah satu stadion yang ada di kota Sheffield Inggris, stadion Sandygate saat ini masih memegang rekor dunia Guiness World Records sebagai stadion tertua di dunia.

Menurut catatan, Stadion Sandygate pertama kali digunakan saat menggelar pertandingan Sheffield FC pada tanggal 26 Desember 1860.

Hingga kini stadion bekapasitas 700 penonton masih aktif digunakan, sebagai kandang dari klub kasta ke-10 sepak bola Inggris, Hallam FC.

Stadion Internasional Tertua

© Football Tripper
Stadion internasional tertua, Racecourse Ground. Copyright: Football TripperStadion internasional tertua, Racecourse Ground.

Meksi tak lebih tua dari Stadion Sandygate, Stadion Racecourse Ground di Wrexham Inggris juga memegang rekor prestisius sebagai stadion bertaraf internasional tertua versi Guiness World Records.

Hal itu tercipta karena Racecourse Ground tercatat pernah menggelar laga internasional antara Wales vs Skotlandia pada 5 Maret 1877.

Racecourse Ground  hingga kini masih menjadi slaah satu stadion internasional terbesar yang ada di Wales. Tepatnya berada di urutan ke-5.

Masih sesekali menjadi tempat digelarnnya laga kandang Timnas Wales dan juga kandang klub Wrexham AFC, Racecourse Ground  juga kini aktif digunakan dalam pertandingan rugby, kriket dan terkadang balapan kuda