Liga Inggris

Sibuk Ujian, Wonderkid Indonesia di Liga Inggris Tetap Fokus Pramusim

Sabtu, 8 Juni 2019 14:51 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Bakat muda Indonesia masih berupaya untuk unjuk kualitas di pentas sepak bola luar negeri. Salah satunya adalah pesepak bola muda berdarah Batak, Joseph Ferguson Simatupang yang tengah berjuang menembus skuat inti Blackburn Rovers U-18 yang bermain di kompetisi Liga Primer Inggris U-18.

Tak sekadar bermain bola, wonderkid 16 tahun itu rupanya juga masih tetap mementingkan dunia pendidikan, di mana Joseph turut mendapat beasiswa dari klubnya untuk bersekolah di Inggris.

Meski liga tengah diliburkan dan Blackburn Rovers masih menjalani persiapan pramusim, namun Joseph Ferguson juga harus menjalani kegiatan ekstra lantaran disibukkan dengan ujian sekolah.

“Kami ada ujian, tetapi sekarang kami harus mempersiapkan pramusim sehingga menjadi sangat sulit secara fisik dan mental, karena itu kami harus melakukan pekerjaan kami dengan baik,” ungkap Joseph kepada awak media olahraga INDOSPORT.COM, Jumat (07/06/19).

Joseph Ferguson sendiri terbilang sudah cukup lama membela Blackburn Rovers. Ia pertama kali bergabung dengan klub asal Inggris itu pada tahun 2014, saat dirinya masih berusia 11 tahun.

Meski demikian, Joseph Ferguson yang memiliki darah Indonesia dari sang ibu yang seorang WNI juga memungkinkan untuk memilih menjadi Warga Negara Indonesia saat ia berusia 17 tahun.

Untuk itu, Joseph Ferguson dan keluarga telah melakukan pendekatan dengan federasi sepak bola Tanah Air untuk dimudahkan dalam proses tersebut agar memiliki peluang untuk membela Timnas Indonesia.