Liga Indonesia

Alasan Valid Ini Bikin Persija Harus Waspada dengan Julio Banuelos Saez

Minggu, 9 Juni 2019 16:45 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Indra Citra Sena
© Media Persija
Pelatih baru Persija Jakarta, Julio Banuelos Saez. Copyright: © Media Persija
Pelatih baru Persija Jakarta, Julio Banuelos Saez.

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta perlu berhati-hati dengan penunjukan pelatih anyar, Julio Banuelos Saez. Pasalnya, selama menjabat sebagai pelatih kepala di kancah sepak bola Spanyol, ia tidak pernah bisa bertahan lama.

Berdasarkan situs Transfermarkt, rataan waktu Banuelos dalam menangani satu klub ialah 0,51 tahun atau hanya sekitar enam bulan. Sebelum meneken kontrak dengan Persija, ia tercatat pernah mengasuh empat klub berbeda, antara lain Deportivo Alaves, CD Mirandes, Burgos CF, dan UE Olot.

Kesempatan pertamanya menangani Alaves hanya berlangsung selama 67 hari, (1 Juli-6 September 2006). Dia hanya merasakan dua laga LaLiga Spanyol (kasta tertinggi sepak bola Spanyol) dengan satu imbang dan satu kekalahan.

Setelah kekalahan 0-1 melawan Malaga di laga kedua, Banuelos memutuskan mundur dengan alasan personal. Dikutip dari media El Mundo pada September 2006, ia mengaku ingin rehat sejenak dari dunia sepak bola.

Namun, Banuelos kembali mendapatkan kesempatan keduanya menangani Alaves sebagai caretaker pada 19 Februari 2008. Namun, ia hanya bertahan selama satu pekan (7 hari) dan menangani satu pertandingan.

Kiprah terlamanya dalam sebuah klub ialah saat menangani Mirandes. Ia bertahan hampir dua tahun (2008-2010), tepatnya 700 hari. Pelatih berusia 48 tahun ini terbilang sukses setelah membawa Mirandes promosi ke Divisi III pada tahun pertamanya menjabat.

Setelah meninggalkan Mirandes, bisa dikatakan bekas asisten pelatih Luis Milla di Timnas Indonesia ini kembali melatih dengan waktu yang singkat di Burgos CF pada 2011/12 (187 hari) dan UE Olot di musim berikutnya (148 hari). Dia dipecat oleh masing-masing klub lantaran memberikan hasil buruk.

Dengan rekor ini, Persija perlu waspada karena pelatih Stefano Cugurra (Brasil) yang memberikan gelar juara untuk Persija harus bertahan dua tahun terlebih dahulu. Kemenangan atas Borneo FC (16/6/19) akan menjadi krusial untuk masa depan pelatih asal Spanyol itu.

Selanjutnya, mereka akan menjalani lawan berat di ajang Shopee Liga 1 2019 sepanjang Juli mendatang. Persija akan bertemu dengan Persib Bandung, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura, plus laga semifinal Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19 melawan Borneo FC.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%