Bola Internasional

Sejarah Baru Timnas Inggris Dicatat oleh Seorang Kiper, Jordan Pickford

Minggu, 9 Juni 2019 23:40 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© TF-Images/Getty Images
Jordan Pickford saat merayakan kemenangan Timnas Inggris dan mengamankan tempat ketiga UEFA Nations League A. (Foto: TF-Images/Getty Images) Copyright: © TF-Images/Getty Images
Jordan Pickford saat merayakan kemenangan Timnas Inggris dan mengamankan tempat ketiga UEFA Nations League A. (Foto: TF-Images/Getty Images)

INDOSPORT.COM - Timnas Inggris baru saja memastikan gelar tempat ketiga UEFA Nations League 2018/19, Minggu (09/06/19) berkat aksi heroik dari kipernya, Jordan Pickford.

Kiper Everton itu tampil sangat maksimal untuk Timnas Inggris dalam pertandingan menghadapi Swiss yang berjalan lebih dari 120 menit. Ya, dua babak perpanjangan waktu harus ditempuh oleh Inggris.

Bahkan hingga dua kali 15 menit perpanjangan waktu, kemenangan Inggris harus ditentukan lewat babak adu penalti, di mana Pickford mencatat sejarah baru di tim nasional negaranya.

Ya, Jordan Pickford tercatat sebagai kiper yang paling pertama dalam sejarah Timnas Inggris yang menjadi eksekutor tendangan penalti di sebuah pertandingan resmi.

Tidak hanya menjadi kiper yang pertama menjadi eksekutor dalam babak adu penalti di laga resmi, Pickford juga berhasil mencetak gol untuk Timnas Inggris.

Selain mencetak gol dalam babak adu penalti tersebut, setelahnya Pickford berhasil menggagalkan tendangan penalti Swiss yang dieksekusi oleh Josep Drmic.

Pickford sebenarnya sudah tampil selama 120 menit penuh dengan aksi-aksinya yang heroik. Seperti pada awal laga, menit ke-11, Pickford bahkan sudah menunjukkan ketenangannya saat menangkap tendangan volley Remo Freuler tanpa kesulitan berarti.

Begitu juga menit 57, saat Jordan Pickford menghalau tendangan roket Granit Xhaka yang bisa saja berakibat gol untuk Swiss.  

Secara langsung atau tidak langsung, Pickford sudah sangat berjasa untuk gelar tempat ketiga Inggris di UEFA Nations League.