Bola Internasional

Brasil Tak Perlu Khawatir, Pengganti Neymar Ini Tak Kalah Dahsyat

Senin, 10 Juni 2019 13:08 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sky Sports
Richarlison (kiri) menunjukkan kapasitasnya sebagai pengganti Neymar. Copyright: © Sky Sports
Richarlison (kiri) menunjukkan kapasitasnya sebagai pengganti Neymar.

INDOSPORT.COM – Absennya Neymar di Timnas Brasil pada ajang Copa America 2019 mulai terlupakan. Pasalnya, Richarlison yang bermain di posisi sayap kanan Selecao bermain gemilang dalam laga uji coba internasional melawan Honduras pada Senin (10/06/19).

Dimainkan penuh oleh sang pelatih, penyerang klub Everton yang berlaga di Liga Primer Inggris itu mencatatkan satu assist dan satu gol. Ia terlebih dahulu menciptakan umpan kepada Gabriel Jesus yang berbuah gol pada menit ke-47.

Selanjutnya, ketika laga menyisakan 20 menit, Richarlison mencetak gol dari jarak dekat. Usai menerima umpan Everton dari sisi kiri, pemain bernomor punggung 21 itu tinggal menceploskan bola ke gawang dengan mudah akibat bola telah melewati sang penjaga gawang.

Performa Richarlison tersebut membuat statistiknya bersama Timnas Brasil semakin mentereng. Sejak laga debutnya pada 8 September 2018, ia telah mencetak lima gol dan tiga assists dalam sepuluh caps-nya.

Tak hanya itu, Brasil belum pernah kalah selama diperkuat oleh Richarlison. Keberadaan eks pemain Watford ini membantu Selecao mengalahkan tim kuat seperti Argentina (1-0), Uruguay (1-0), dan Amerika Serikat (2-0) pada paruh kedua 2018.

Satu-satunya hasil minor yang terjadi ialah ketika melawan Panama pada 23 Maret 2019. Laga itu berakhir imbang dengan skor 1-1.

Brasil sendiri berhasil menyudahi perlawanan Honduras dengan skor telak, 7-0. Selain Richarlison, gol anak asuh Tite dicetak oleh Gabriel Jesus (2), Thiago Silva, Philippe Coutinho, David Neres, dan Roberto Firmino.

Dengan ketajaman Richarlison dan rekan-rekannya, publik Brasil boleh bernapas lega tanpa hadirnya Neymar. Megabintang itu terpaksa tak akan tampil di hadapan pendukungnya sendiri usai mengalami cedera saat laga uji coba melawan Qatar (6/6/19).

Kiprah Brazil sebagai tuan rumah Copa America 2019 akan dimulai pada Jumat (14/06/19) kala menjamu Bolivia. Selain Bolivia, Selecao yang tergabung dalam grup A akan menghadapi Venezuela (19/06/19) dan Peru (23/06/19).