Bola Internasional

Deretan Fakta saat Portugal Juara UEFA Nations League 2018/19

Senin, 10 Juni 2019 06:16 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Craig Mercer/MB Media/Getty Images
Cristiano Ronaldo dan skuat Timnas Portugal saat mengangkat trofi juara UEFA Nations League 2018-19. (Foto: Craig Mercer/MB Media/Getty Images) Copyright: © Craig Mercer/MB Media/Getty Images
Cristiano Ronaldo dan skuat Timnas Portugal saat mengangkat trofi juara UEFA Nations League 2018-19. (Foto: Craig Mercer/MB Media/Getty Images)

INDOSPORT.COM - Berikut deretan fakta yang belum Anda ketahui saat Portugal juara UEFA Nations League 2018/19 dan kalahkan Belanda di final.

Pertandingan final UEFA Nations League antara Portugal vs Belanda berhasil dimenangkan oleh Portugal dengan skor tipis 1-0.

Pada babak pertama Final UEFA Nations League antara Portugal vs Belanda berakhir dengan sama kuat 0-0 di Estadio do Dragao.

Pertandingan yang dipimpin oleh wasit asal Spanyol, Alberto Undiano ini berjalan cukup sengit, namun Portugal selaku tim tuan rumah lebih mampu mengendalikan permainan.

Hingga pada menit 60, Portugal berhasil membuka keunggulan lebih dulu melalui gol Goncalo Guedes yang meneruskan umpan terukur dari Bernardo Silva di depan kotak penalti.

Setelah gol tersebut, permainan Portugal semakin solid dan Belanda terlihat frustasi untuk menembus pertahanan mereka. Alhasil, keunggulan 1-0 untuk Portugal bertahan hingga akhir pertandingan.

Di balik kemenangan dan gelar juara UEFA Nations League yang dipastikan oleh Portugal dini hari tadi, tersimpan sederet fakta yang mungkin jarang diketahui banyak orang.

1. Kesuksesan Portugal

Yang pertama adalah fakta bahwa Timnas Portugal kian sukses dalam beberapa kompetisi terakhir. Tercatat oleh Opta Joe, Portugal sudah memenangkan dua dari empat kompetisi terakhir yang mereka ikuti, satunya lagi adalah Euro 2016 lalu.

2. Peran Besar Goncalo Guedes

Goncalo Guedes yang mencetak gol tunggal Portugal ke gawang Belanda dini hari tadi ternyata punya peran besar dalam gelar juara UEFA Nations League ini.

Dia tercatat sudah terlibat dalam lima gol dari delapan penampilan terakhirnya untuk Timnas Portugal, tiga gol dan dua assist. Calon bintang baru gantikan Cristiano Ronaldo?

3. Markas Portugal Angker?

Keangkeran markas Portugal, Stadion Do Dragao dini hari tadi mampu membawa Cristiano Ronaldo cs meraih kemenangan dan memastikan gelar juara UEFA Nations League.

Dengan kemenangan dini hari tadi, Portugal menjadi negara pertama Eropa yang mampu juara sebagai tuan rumah di sebuah kompetisi resmi. Terakhir kali adalah Prancis yang mengalahkan Brasil di partai final Piala Dunia 1998.

4. Belanda Belum Bisa Lampaui Portugal

Yang terakhir adalah fakta bahwa Belanda belum bisa menyaingi kebangkitan sepak bola Portugal. Tercatat oleh Opta Johan, mereka hanya menang sekali dari 12 pertemuan terakhir dengan Portugal. 

Satu-satunya kemenangan didapat dari pertandingan pada tahun 2018 lalu, saat laga bertajuk pertandingan persahabatan pada Maret 2018 lalu.