Liga Indonesia

Jelang Bergulirnya Liga 2 2019, PSSI Lakukan Seleksi Wasit

Senin, 10 Juni 2019 17:49 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© pssi.org
PSSI menggelar pelatihan wasit dan asisten wasit guna menyambut bergulirnya kompetisi Liga 2 2019. Copyright: © pssi.org
PSSI menggelar pelatihan wasit dan asisten wasit guna menyambut bergulirnya kompetisi Liga 2 2019.

INDOSPORT.COM – PSSI selaku induk tertinggi sepak bola Indonesia menyeleksi wasit jelang bergulirnya kompetisi Liga 2 2019.

Kompetisi kasta kedua sepak bola Indonesia itu akan dimulai pada Sabtu (22/06/2019). Sebanyak 23 tim akan berpartisipasi untuk memperebutkan tiga tiket promosi ke Liga 1 musim depan.

Sebenarnya kompetisi tersebut akan diikuti oleh 24 tim, namun karena PSMP Mojokerto masih dalam sanksi karena tuduhan pengaturan skor musim lalu maka tahun ini harus absen. Tiga tim degradasi asal Liga 1 yakni Mitra Kukar, Sriwijaya FC, dan PSMS Medan akan menjadi tim debutan musim ini.

Sebelum dimulainya Liga 2 2019, PSSI akan menyeleksi 67 wasit utama dan 76 asisten wasit. Mereka akan mengikuti Referee Pro League Course Selection 2019 di Fame Hotel Gading Serpong, Tangerang, pada 11 Juni 2019 s.d. 13 Juni 2019.

“Mereka yang mengikuti program ini merupakan wasit pilihan karena dinilai memiliki kinerja baik pada Liga 2 sebelumnya. Kompetensi dan integritas mereka sudah teruji sebelumnya,” ujar anggota komite wasit, Purwanto, seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Dalam acara tersebut, materi tentang integritas pengadil lapangan akan menjadi hal kunci yang dibahas. Selain itu, akan ada soal penyegaran tentang law of the game terbaru dan peningkatan rasa percaya diri ke wasit-wasit tersebut.

Saat ini wasit di Indonesia memang tengah disorot karena beberapa keputusan kontroversial selama tiga pekan awal Shopee Liga 1 2019. Usulan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) juga terus dilontarkan demi menghindari keputusan-keputusan janggal setiap pertandingan berlangsung.