Bola Internasional

Membandingkan Prestasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di Level Timnas, Siapa GOAT?

Senin, 10 Juni 2019 15:28 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Cristiano Ronaldo (kiri) bersalaman dengan Lionel Messi (kanan) saat Portugal menjalani laga uji coba internasional lawan Argentina. Copyright: © INDOSPORT
Cristiano Ronaldo (kiri) bersalaman dengan Lionel Messi (kanan) saat Portugal menjalani laga uji coba internasional lawan Argentina.

INDOSPORT.COM - Sudah tidak dipungkiri lagi jika nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi merupakan dua pesepak bola terbaik saat ini.

Hal itu sudah dibuktikan dengan sejumlah torehan prestasi baik yang diraih secara individu maupun bersama tim khususnya di level klub.

Ronaldo saat ini mengoleksi 5 Ballon d'Or dan 4 gelar pemain terbaik Eropa. Sama dengan Ronaldo, Lionel Messi juga telah mengoleksi 5 Ballon d'Or. Namun baru meraih 3 gelar pemain terbaik Eropa.

Sementara prestasi bersama klub, keduanya juga telah banyak menggoreskan tinta emas. Messi yang setia bermain di satu klub, total sudah memberikan 34 trofi untuk Barcelona di beberapa kompetisi resmi.

Sedangkan Ronaldo, total sudah memberikan 29 trofi untuk empat klub (Sporting Lisbon, Man United, Real Madrid dan Juventus) di beberapa kompetisi.

Jika di level klub Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sangat superior, lantas bagaimana prestasi masing-masing di level Tim Nasional? 

Sebab, kontribusi memberikan gelar untuk negara kerap jadi tolak ukur publik, untuk membentuk opini mencari siapa yang lebih hebat diantara keduanya, dan layak menyandang julukan Greatest of All Time (GOAT) atau jika diartikan adalah terbaik sepanjang masa.

Dalam hal ini, Ronaldo sedikit lebih baik karena dari tiga kali kesempata tampil di partai final bersama Portugal, dua diantaranya berhasil dimenangkan.

Teranyar, Ronaldo baru saja memberikan gelar untuk Portugal di ajang UEFA Nations League 2019, setelah mengalahkan Belanda di partai final dengan skor 1-0, lewat gol tunggal Goncalo Guedes di Stadion Dragao, Senin (10/06/19) dini hari WIB.

Sebelumnya, pada tiga tahun lalu Ronaldo juga berhasil memberikan gelar perdana untuk negaranya, saat memenangkan EURO 2016, setelah mengalahkan Prancis dengan skor 1-0 pada 10 Juli 2016 di Stade de France.

Adapun satu gelar yang gagal dimenangkan oleh Ronaldo adalah EURO 2004, saat Portugal kalah 0-1 dari Yunani di Stadion da Luz, 04 Juli 2004 lalu.

© Craig Mercer/MB Media/Getty Images
Cristiano Ronaldo dan skuat Timnas Portugal saat mengangkat trofi juara UEFA Nations League 2018-19. (Foto: Craig Mercer/MB Media/Getty Images) Copyright: Craig Mercer/MB Media/Getty ImagesCristiano Ronaldo dan skuat Timnas Portugal saat mengangkat trofi juara UEFA Nations League 2018-19. (Foto: Craig Mercer/MB Media/Getty Images)

Soal jumlah laga final bersama tim nasionalnya, Lionel Messi juga punya kesempatan yang sama dengan Ronaldo, yakni mampu membawa Argentina ke tiga final ajang bergengsi, Piala Dunia 2014, Copa America 2015 dan 2016.

Hanya saja, pemain yang dijuluki La Pulga itu kurang dinaungi keberuntungan. Dari tiga partai final, Messi dan Argentina selalu berakhir dengan kekalahan.

Albiceleste dikalahkan Jerman di final Piala Dunia 2014, dengan skor 0-1 lewat gol semata wayang Mario Goetze di Stadion Maracana, Afrika Selatan.

Lalu kalah dua kali melalui adu penalti dari Chile di partai final Copa America 2015 dan edisi spesial Copa America 2016 Centenario. 

© Internet
Lionel Messi (Argentina) Copyright: InternetRaut wajah kecewa Lionel Messi usai kalah di final Copa America 2015, melawan Chile.

Perbedaan prestasi tersebut membuat Messi terus menjadi bahan gunjingan di media sosial, lantaran ia belum mampu memberikan satu gelar pun untuk negaranya, sementara Ronaldo sudah dua kali.

Kendai demikian, Lionel Messi dengan kemampuan yang dimiliki masih punya kesempatan menorehkan tinta emas bersama Tim Nasional Argentina.

Turnamen terdekat yang akan dihadapi Albiceleste adalah Copa America 2019, yang akan digelar di Brasil mulai 14 Juni hingga 07 Juli 2019 mendatang. Argentina satu grup dengan Kolombia, Paraguay dan negara undangan, Qatar.