Bola Internasional

6 Fakta Rahasia yang Perlu Diketahui Jelang Copa America 2019

Selasa, 11 Juni 2019 16:09 WIB
Editor: Juni Adi
© Standard.co.uk
Logo Copa America 2019 di Brasil. Copyright: © Standard.co.uk
Logo Copa America 2019 di Brasil.

INDOSPORT.COM - Kurang dari beberapa hari lagi, publik pecinta sepak bola dunia akan segera dimanjakan oleh gelaran turnamen bergengsi antara negara Amerika Selatan, Copa America 2019.

Brasil terpilih menjadi tuan rumah setelah federasi sepak bola Amerika Selatan, CONMEBOL menunjuknya pada beberapa tahun lalu. 

Sebanyak enam stadion pun telah disiapkan, untuk menggelar ajang empat tahunan tersebut yang akan dimulai pada 15 Juni hingga 08 Juli mendatang.

Sedangkan untuk peserta sendiri, Copa America 2019 masih akan diikuti oleh 12 negara yang terbagi ke dalam tiga grup, masing-masing dihuni oleh empat tim.

Tuan rumah Brasil tergabung di grup A bersama Bolivia, Peru dan Venezuela. Sementara tim-tim unggulan seperti Argentina berada di Grup B, bareng Kolombia, Paraguay, dan Qatar.

Adapun satu di Grup C, juara bertahan Chile akan bersaing dengan Ekuador, Jepang dan Uruguay. Namun, sebelum menyaksikan turnamen Copa America 2019 ini, ada beberapa rahasia yang perlu anda ketahui. Apa saja itu? 

1. Pertukaran Tuan Rumah

Chile awalnya ditunjuk menjadi tuan rumah Copa America 2019, sedangkan Brasil harusnya menggelar Copa America tahun 2015.

Namun karena Brasil saat itu padat agenda olahrgaa, mulai dari Piala Konfederasi 2013, Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016, membuat CONMEBOL mengevaluasi. Dan akhirnya diputuskan untuk menukar jatah tuan rumah dengan Chile.

2. Edisi Terakhir Format 12 Peserta

Copa America 2019 merupakan penyelenggarakan yang ke-46, sejak pertama kali dibentuk pada tahun 1916 lalu. Menariknya, ini merupakan edisi terakhir Copa America akan menggunakan format 12 peserta, dan digelar di tahun ganjil.

Format baru turnamen ini akan dimulai pada tahun 2020, ketika Copa America digelar empat tahun di tahun genap seperti EURO dan Piala Dunia, dengan jumlah peserta 16 tim.

3. Debut Qatar di Copa America

Buat Qatar, ini merupakan kali pertama mereka berpartisipasi di ajang Copa America, sekaligus jadi negara Arab pertama di turnamen terbesar Benua Latin tersebut.

Sementara untuk Jepang, ini merupakan kali kedua mereka tampil di Copa America. Sebelumnya mereka sempat tampil pada tahun 1999 lalu.

4. Copa America Pertama Tanpa Anggota CONCACAF

Selain itu, ini merupakan Copa America pertama yang digelar oleh CONMEBOL tanpa negara dari Amerika Utara. Padahal sejak 1993, mereka selalu memberikan slot negara undangan ke anggota CONCACAF salah satu negara yang sering tampil adalah Meksiko. 

5. Prestasi Terbaik Negara Undangan

Selama penyelenggaraan Copa America, negara undangan belum ada yang mampu keluar sebagai juara turnamen ini. Prestasi terbaik mereka adalah peringkat dua, yang ditempati oleh Meksiko pada tahun 1993 dan 2001.

6. Uruguay Negara dengan Gelar Terbanyak

Uruguay menjadi tim tersukses di Copa America karena mereka telah memenanginya sebanyak 15 kali. Tahun 2011 menjadi terakhir kali mereka meraih gelar ini.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%