Bola Internasional

Profil Negara Peserta Copa America 2019: Argentina, Optimis Tapi Realistis

Selasa, 11 Juni 2019 14:35 WIB
Editor: Juni Adi
© Getty Images
Skuat Tim Nasional Argentina di Piala Dunia 2018. Copyright: © Getty Images
Skuat Tim Nasional Argentina di Piala Dunia 2018.

INDOSPORT.COM - Argentina menjadi salah satu negara peserta Copa America 2019. Berikut profil negara peserta Copa America 2019, Argentina. 

Turnamen sepak bola terbesar antara negara Amerika Selatan, Copa America 2019 akan segera dimulai pada 14 Juni hingga 08 Juli 2019 mendatang.

Brasil akan jadi tuan rumah bagi 12 negara peserta pada edisi kali ini, setelah ditunjuk oleh federasi sepak bola Amerika Selatan, CONMEBOL beberapa tahun lalu.

Meski animonya tak setinggi Piala Dunia atau Piala Eropa, ajang ini tetap memiliki gengsi tersendiri karena pesertanya diisi oleh negara-negara bertabur bintang, salah satunya adalah Argentina.

Sama seperti edisi-edisi sebelumnya, Argentina selalu dijagokan menjadi kandidat juara Copa America. Sebab, dalam setiap tahun, Argentina kerap melahirkan bintang sepak bola baru yang cukup berprestasi di ranah Eropa.

Namun meski skuatnya kaya meteri pemain bintang, Argentina justru kerap kesulitan untuk bisa juara dalam beberapa tahun terakhir di level internasional, termasuk ajang Copa America ini.

Dari dua kali kesempatan tampil di partai final Copa America, Albiceleste selalu kalah. Pertama di tahun 2015, kalah adu penalti dari Chile 1-4 setelah bermain imbang 0-0 di waktu normal dan babak tambahan.

Lalu yang kedua terjadi di Copa America 2016 edisi spesial 100 tahun. Lagi-lagi Argentina kalah dari Chile juga melalui adu penalti, dengan skor 2-4 setelah bermain imbang 0-0 di waktu normal dan babak tambahan.

Mimpi buruk tersebut tentunya sangat membekas di benak para pemain Argentina, khususnya Lionel Messi. Megabintang Barcelona itu menjadi salah satu pemain yang paling disorot, atas kegagalan di dua final tersebut.

Bahkan Messi sempat menyatakan pensiun dari tim nasional, pasca Copa America 2016 karena tak kuasa mendapat kritikan dari berbagai pihak.

Namun selang beberapa tahun, Messi memutuskan untuk comeback dan siap membantu Argentina meraih mimpi menjuarai Copa America 2019 yang terakhir kali dirasakan pada tahun 1993 silam.

Apalagi setelah melewati kegagalan di Piala Dunia 2018, dan diambil alih oleh pelatih baru Lionel Scaloni, performa Argentina langsung menunjukan grafik yang memuaskan.

Sejak ditangani oleh Scaloni, Argentina hanya dua kali kalah dan satu imbang dari 8 pertandingan uji coba terakhir. Kendati mengalami perubahan performa, Lionel Messi tetap ragu negaranya bisa berbicara banyak.

Akan tetapi, Messi mengungkapkan dia dan rekan-rekan setimnya tetap memiliki ambisi untuk menjadi yang terbaik di ajang tersebut.

“Kami (timnas Argentina) bukanlah kandidat (juara Copa America) seperti terakhir kali. Kami datang dengan mimpi dan keyakinan yang sama seperti sebelumnya. Namun kenyataannya, Argentina akan melewati proses perubahan,” tuturnya dilansir Sky Sports.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%