Bola Internasional

Bisa Persulit Timnas Indonesia, India Ikut Tampil di Piala AFF?

Selasa, 11 Juni 2019 14:21 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Instagram/afcasiancup
Bisa persulit Timnas Indonesia, India diisukan bergabung ke federasi sepak bola Asia Tenggara atau ASEAN (AFF). Copyright: © Instagram/afcasiancup
Bisa persulit Timnas Indonesia, India diisukan bergabung ke federasi sepak bola Asia Tenggara atau ASEAN (AFF).

INDOSPORT.COM – Timnas sepak bola India diisukan bergabung ke federasi sepak bola Asia Tenggara atau ASEAN (AFF) setelah tampil dalam turnamen King’S Cup 2019 di Thailand.

Setelah kalah 1-3 dari Curacao di semifinal, India menang 1-0 atas tuan rumah Thailand dalam pertandingan perebutan juara tiga dan empat.

Ini menjadi kemenangan kedua India atas Thailand setelah sebelumnya di ajang Piala Asia 2019. Sunil Chhetri dan kawan-kawan kala itu unggul telak 4-1.

Usai mentas di King’s Cup 2019, India langsung menjadi perbincangan di media sosial. Netizen ramai membahas kemungkinan India bergabung ke federasi AFF.

Netizen terbelah menjadi dua kubu yang mendukung dan menentang bergabungnya India ke AFF. Dikutip dari laman berita olahraga Fox Sports Asia, tidak sedikit dari mereka yang menjelaskan alasannya.

© Fox Sports Asia
Netizen mendukung Timnas India masuk federasi AFF bersama Timnas Indonesia Copyright: Fox Sports AsiaNetizen mendukung Timnas India masuk federasi AFF bersama Timnas Indonesia
© Fox Sports Asia
Netizen mengomentari rencana bergabungnya Timnas India masuk federasi AFF bersama Timnas Indonesia Copyright: Fox Sports AsiaNetizen mengomentari rencana bergabungnya Timnas India masuk federasi AFF bersama Timnas Indonesia

India saat ini terbagung dalam federasi sepak bola Asia Selatan (SAFF). SAFF setiap dua tahun sekali juga menggelar turnamen layaknya Piala AFF.

Sepanjang 12 penyelenggaraan Piala SAFF, India menjadi juara terbanyak dengan 7 gelar. Jika India bergabung ke AFF, kehadirannya tentu akan menyaingi Timnas Indonesia.

Australia telah mendahului India dengan bergabung ke AFF pada 2013. The Socceroos bahkan berniat ikut serta di Piala AFF 2020 mendatang.

Harian Australia, Sydney Morning Herald, Kamis (31/01/19), menyebut, Piala AFF berpotensi menjadi ceruk pemasukan Timnas Australia.

Mereka bahkan membeberkan data rata-rata penonton yang hadir di Piala AFF 2018 29.000 penonton per pertandingan. Pada 2016, terdapat lebih dari 34 juta penonton Indonesia, disusul lebih dari 11 juta penonton di Vietnam.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
20%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
60%
IDS Emoticon Takut
Takut
20%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%