Liga Indonesia

Jelang Liga 2 2019, PSSI Beri Arahan Lanjutan kepada Wasit dan Asistennya

Selasa, 11 Juni 2019 03:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Ilustrasi logo Liga 2 2019. Copyright: © INDOSPORT
Ilustrasi logo Liga 2 2019.

INDOSPORT.COM - Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) menjadwalkan proses seleksi perangkat pertandingan atau wasit, menjelang bergulirnya kompetisi sepak bola profesional Liga 2 musim 2019.

PSSI memanggil 67 wasit dan 76 asisten wasit yang telah memenuhi standar penilaian performa wasit untuk diberikan pengarahan jelang Liga 2 2019 mendatang.

Kegiatan yang bertajuk 'Referee Pro League Course Selection 2019' tersebut akan berlangsung di Fame Hotel Gading Serpong Tangerang, mulai tanggal 11-13 Juni 2019 mendatang.

Seleksi wasit ini dilakukan untuk menjaga mutu kompetisi sepak bola Indonesia terutama di kompetisi Liga 2 2019 mendatang. 

Para wasit dan asisten wasit tersebut nantinya mendapatkan pengajaran teori, serta sesi praktek berupa tes fisik yang akan bertempat di Stadion Sport Centre Kelapa Dua, Tangerang.

"Mereka yang mengikuti program ini merupakan para wasit dan perangkat yang selama ini dinilai memiliki kinerja baik pada musim kompetisi Liga 2 sebelumnya. Kompetensi mereka cukup baik dan sekali lagi integritas mereka sudah teruji," jelas anggota Komite Wasit PSSI, Purwanto.

© Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORT
Logo Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Copyright: Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORTLogo Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Dalam program kursus penyegaran wasit-wasit ini, Purwanto menjelaskan para peserta akan diberikan materi yang berkaitan dengan integritas yang menjadi fokus utama. Selain itu, ada pula dengan materi lainnya seperti regulasi, dan penguatan motivasi.

Menurut Purwanto, saat ini PSSI terus berupaya memperbaiki kinerja wasit dan perangkat pertandingan lainnya.

Para wasit dan perangkat pertandingan pun ditekankan untuk menyadari bahwa citra dan integritas mereka sebagai pengadil di lapangan berada di tangan mereka sendiri.

"Saya harap mereka menjadikan ini untuk menguji kompetensi mereka. Maka dari itu, wasit-wasit ini harus serius dalam menjalaninya," tutur Purwanto yang juga merupakan mantan wasit nasional.