Liga Indonesia

Bak Sebuah 'Tradisi', Persis Solo Kembali Ganti Manajer Jelang Liga 2 Dimulai

Rabu, 12 Juni 2019 04:43 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Coro Mountana
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persis Solo. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persis Solo.

INDOSPORT.COM - Persis Solo kembali melakukan 'tradisi' unik jelang bergulirnya kompetisi Liga 2 2019. Tim berjuluk Laskar Sambernyawa itu memutuskan mengganti posisi manajer yang sebelumnya diisi Setiawan "Iwan" Muhammad.

Keputusan itu seakan bukan hal baru bagi Persis. Selama beberapa musim terakhir, tim kebanggaan masyarakat Kota Solo itu gemar mengganti manajer, meski kompetisi sudah di depan mata.

Sebagai catatan, ada 10 kali pergantian manajer dengan delapan orang yang mengisi posisi itu sejak musim 2017. Padahal, Iwan sendiri baru saja menggantikan Langgeng Jatmiko yang memutuskan mundur awal tahun ini.

Iwan menceritakan, pemberitahuan tersebut disampaikan langsung Sekretaris Jendral (Sekjen) Persis, Dedy M Lawe, Senin (10/06/19) lewat sambungan telepon. Pergantian itu disebutnya karena permintaan salah satu sponsor.

"Akhir bulan lalu sebenarnya sudah bertemu dengan Sekjen soal ini. Tapi keputusan resminya baru kemarin,  karena permintaan sponsor yang ingin menempatkan seseorang," kata Iwan kepada awak media termasuk INDOSPORT di sebuah rumah makan di Sukoharjo, Selasa (11/06/19).

Sejatinya, posisi manajer Persis bukan hal baru bagi Iwan. Musim lalu, pengusaha batik di Solo itu menjabat sebagai manajer menggantikan BM Anjasmara yang mundur.

"Memiiliki klub sepak bola itu, ibarat mempunyai anak bayi harus bisa menjaga merawat dan membimbing sampai dewasa. Sementara suporter diibaratkan sebagai kakak harus bisa mendampingi dan menjaganya," tambahnya.

Persis Solo sendiri tergabung dalam wilayah timur di Liga 2 2019. Target mereka jelas ingin mencapai babak 8 besar terlebih dahulu baru setelah itu mengintip apakah ada peluang untuk promosi ke Liga 1 2020.