Liga Indonesia

Profil Klub Liga 2 2019: Persis Solo, Waktunya Kembali ke Habitat Asli!

Minggu, 9 Juni 2019 12:05 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko, Ronald Seger Prabowo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© official.persissolo/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim Persis Solo Liga 2 2019. Copyright: © official.persissolo/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim Persis Solo Liga 2 2019.

INDOSPORT. COM - Persis Solo, dengan segala cerita kejayaannya di masa lampau, berharap bisa menemukan tuahnya kembali pada tahun ini. Promosi ke kasta tertinggi menjadi target besar yang mereka usung menyambut gelaran Liga 2 2019.

Semua tim yang akan berkompetisi di Liga 2 2019, pasti memasang target untuk promosi ke kasta tertinggi Liga 1. Namun, bagi Persis, cerita soal target promosi mungkin nampak berbeda.

Persis terbilang merupakan nama lawas bagi kancah sepak bola Indonesia. Pada era Perserikatan (1931-1994), mereka sudah eksis dan bahkan bisa menjadi salah satu raja kompetisi.

Bila menelisik sejarah klub, Persis lahir menghiasi kancah sepak bola Indonesia pada 8 November 1923 dengan nama Persis Surakarta. Berselang lima tahun setelah didirikan, nama klub kemudian berubah menjadi Persis Solo.

Prestasi pertama Persis tercipta pada 1935 saat berhasil merajai kompetisi Perserikatan setelah mengalahkan BVIB Bandung yang harus puas sebagai juara dua.

Pasca meraih gelar perdana, kejayaan Persis terus berlanjut. Terhitung ada enam trofi lagi yang bisa digondol, masing-masing pada edisi 1936, 1939, 1940, 1941, dan 1942.

Melihat rekam jejak kesuksesan masa lampau, tak heran bila Persis kini sangat berharap bisa kembali ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Walau musim lalu masih menemui kegagalan, mereka tak sekali pun menyerah dan tetap memasang target promosi di Liga 2 2019.

Manajer Persis, Setiawan Muhammad, mengamini hal tersebut. Demi mencapai target promosi, pria yang akrab disapa Iwan ini menjelaskan bahwa timnya akan berusaha semaksimal mungkin dan melakukan persiapan secara matang.

"Target kami masih sama yakni lolos ke Liga 1. Musim kemarin kami gagal dan bahkan tak lolos ke 8 besar. Untuk itu persiapan benar-benar kami matangkan menghadapi musim ini," ujar Iwan kepada INDOSPORT.

Sayangnya, upaya Persis musim ini untuk meraih tiket promosi dipastikan tak akan berlangsung mudahmengingat mereka nanti harus mengungsi akibat kandang kebanggaannya, Stadion Manahan, sedang direnovasi.

"Liga 2 2019 akan lebih berat bagi Persis. Kami akan bermain di Stadion Wilis, Madiun dan tidak bisa bermain di rumah sendiri," ungkap Iwan.

"Itu jelas berpengaruh dari sisi aura, bagaimanapun bermain di Solo membuat semangat dan motivasi berlipat. Namun itu bukan alasan kami untuk tidak fight. Saya sudah menekankan kepada seluruh pemain agar bekerja keras sepanjang musim demi tiket ke Liga 1," tambah Iwan.

Mengingat perjalanan di Liga 2 2019 tak akan mudah, Persis tentu membutuhkan materi skuat mumpuni agar bisa memenuhi target promosi. Berdasarkan data hasil wawancara INDOSPORT, berikut daftar skuat Persis Solo sejauh ini:

Kiper: Sukasto, Sendri Johansah, Andri Prabowo

Bek: Dedi Tri Maulana, Wirabuana Prayogo, Susanto, Crah Angger, Andreantono Oriza, Riki Nata, Herudin, Jodi Kustiawan

Gelandang: Tegar Hening, Okky Derry, Fadli Dwi Permana, Iman Budi, M Irhaz, Slamet Budiono, Nanang Asripin, M Isa, Hapidin, Dwi Cahyono

Penyerang: Dimas Galih, Ugik Sugiyanto

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%