In-depth

Korea Selatan Selangkah Lagi Juara Piala Dunia U-20 2019, Masih Harus Wajib Militer?

Rabu, 12 Juni 2019 08:55 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© PressFocus/MB Media/Getty Images
Timnas Korea Selatan U-20 melakukan foto tim jelang pertandingan semifinal Piala Dunia U-20 2019. (Foto: PressFocus/MB Media/Getty Images) Copyright: © PressFocus/MB Media/Getty Images
Timnas Korea Selatan U-20 melakukan foto tim jelang pertandingan semifinal Piala Dunia U-20 2019. (Foto: PressFocus/MB Media/Getty Images)

INDOSPORT.COM – Timnas sepak bola Korea Selatan U-20 lolos ke final Piala Dunia U-20 2019 usai mengalahkan Ekuador, Selasa (11/06/19), di Lublin, Polandia.

Korea Selatan menang tipis 1-0 berkat gol semata wayang yang dicetak oleh Choi Jun pada menit ke-39 memanfaatkan umpan bintang Valencia, Lee Kang-in.

Taeguk Warriors akan bertarung di final yang berlangsung Sabtu (15/06/19) di Lodz melawan Ukraina yang menyingkirkan Italia juga dengan skor tipis 1-0.

Korea Selatan mencetak sejarah untuk pertama kalinya lolos ke final Piala Dunia U-20. Pada 1983, Korea Selatan pernah menembus semifinal, namun kalah 1-2 dari Brasil dan menempati peringkat empat.

Pelatih Timnas Korea Selatan U-20, Chung Jung-yong, mengaku bangga dengan pencapaian anak asuhnya. Perjuangan Korea Selatan menembus final tidak lepas dari perjalanan yang panjang.

“Saya tahu tim ini akan melaju hingga tahap ini (final). Para pemain muda kami punya kesempatan untuk meraih pengalaman dan mereka telah membangun kepercayaan dirinya masing-masing. Itu membantu kesuksesan kami hingga sejauh ini.”

“Kekompakan tim ini tidak tercapai dalam semalam. Butuh waktu bertahun-tahun. Itulah mengapa saya melihat persamaan dan kekuatan mental seluruh pemain,” kata Chung Jung-yong dikutip dari situs resmi FIFA.

Prestasi tim muda Korea Selatan melebihi seniornya di Piala Dunia 2018 lalu. Korea Selatan tidak mampu menembus fase gugur setelah menempati peringkat tiga klasemen grup F di bawah Swedia dan Meksiko.

Kegagalan menembus perempatfinal Piala Dunia membuat Son Heung-min dan kawan-kawan tidak bisa lepas dari belenggu wajib militer, meski beberapa di antaranya seperti Son akhirnya mendapat garansi tersebut dengan menjuarai Asian Games 2018. Lalu, bagaimana dengan para pemain Korea Selatan U-20 yang selangkah lagi meraih juara Piala Dunia U-20 2019?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%