Bola Internasional

Mengenal Mitch Cooper, Pemain Termahal Vanuatu yang Sempat Main di Newcastle

Rabu, 12 Juni 2019 14:44 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Newcastle Herland
Pemain termahal Timnas Vanuatu, Mitch Cooper. Copyright: © Newcastle Herland
Pemain termahal Timnas Vanuatu, Mitch Cooper.

INDOSPORT.COM - Calon lawan Timnas Sepak Bola Indonesia, Vanuatu, punya pemain yang memiliki jam terbang cukup menjanjikan,  Mitch Cooper.

Menjadi calon lawan Timnas Indonesia dalam agenda pertandingan persahabatan FIFA (15/06/19), Vanuatu memiliki beberapa pemain yang patut diwaspadai. Salah satunya Mitch Cooper.

Mitch Cooper, pemain berusia 24 tahun tersebut layak diwaspadai anak asuh Simon Mcmenemy karena perannya yang sangat sentral dalam permainan Vanuatu sebagai seorang gelandang.

Selain itu, kualitas Mitch Cooper juga tercermin dalam statusnya asebagai pemain termahal Vanuatu dengan nilai pasar 350 ribu euro atau setara Rp5,5 miliar.

Pengalaman Karier Mitch Cooper

Selain harga, rekam jejak Mitch Cooper sebagai pemain sepak bola profesional, juga menjadi tolok ukur lainnya yang membuat dirinya layak untuk diwaspadai Timnas Indonesia.

Meski lahir dan kini memperkuat Timnas dari negara kecil di Samudera Pasifik, karier Mitch Cooper cukup bisa diperhitungkan dengan keberhasilannya menembus skuat tim-tim besar Liga Australia.

Diawali ketika dirinya memperkuat tim senior klub A-League Gold Coast united saat masih berusia 17 tahun pada 2012. Bahkan dengan usia yang sangat belia itu, Mitch Cooper sukses dipercaya tampil enam kali dan bisa melesatkan satu gol di musim 2012.

Keberhasilan tersebut membuatnya menarik minat klub besar Australia lainnya, Newcastle Jets, yang merekrutnya pada semusim berselang. Bergabung ke Newcastle Jets pada Mei 2012, Mitch Cooper cukup lama bertahan di klub yang pernah menjadi lawan Persija Jakarta di kualifikasi Liga Champions Asia 2019 itu.

Sayangnya memperkuat Newcastle Jets dalam rentan musim 2012 hingga 2015, Mitch Cooper lebih banyak menghabiskan waktu di meja operasi karena serangkaian cedera yang dialaminya.

Total Mitch Cooper hanya bermain 33 kali dan mencetak satu gol, sebelum akhirnya terdepak ke tim cadangan Newcastle Jets yang bermain di divisi dua Liga Australia.

Hanya semusim di tim cadangan Newcastle Jets, Mitch Cooper kemudian memilih melanjutkan karier di klub semi-profesional Australia Nunawading City dan Green Gully semusim berselang.

Saat ini sendiri, Mitch Cooper memperkuat klub di kasta yang sama Hume City yang  bermain di NPL Victoria, kompetisi sepak bola semi-profesional di Australia.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%