Liga Indonesia

4 Kapten Utama Tak Tergantikan di Liga 1 Selama Tiga Musim Terakhir

Kamis, 13 Juni 2019 21:46 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Ian Setiawan/Indosport.com
Kapten Arema FC, Hamka Hamzah. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport.com
Kapten Arema FC, Hamka Hamzah.

INDOSPORT.COM - Sejauh ini ada empat pemain di Liga 1 yang menjabat sebagai kapten utama hingga tak tergantikan dalam tiga musim terakhir.

Jabatan kapten sebuah klub tak sembarangan diberikan kepada sang pemain. Hanya sosok yang dirasa pantas dengan jiwa kepemimpinan kuat saja bisa menjadi kapten.

Sebagai kapten, sang pemain mesti bisa mengontrol emosi sendiri serta rekan-rekannya di lapangan. Hal itu karena kapten merupakan pemain yang menjadi jembatan dengan wasit untuk berdiskusi.

Meski demikian ternyata ada empat kapten tak tergantikan ketika tampil bersama klub Liga 1 selama tiga musim terakhir. Siapa saja kira-kira?

1. Indra Kahfi Ardhiyasa

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Kapten Bhayangkara FC, Indra Kahfi (kiri) mencoba melepaskan diri dari penjagaan pemain PSPS. Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimKapten Bhayangkara FC, Indra Kahfi (kiri) mencoba melepaskan diri dari penjagaan pemain PSPS.

Kapten Liga 1 pertama yang tak tergantikan dalam tiga musim terakhir ialah bek andalan Bhayangkara FC Indra Kahfi Ardhiyasa. Ia telah menjabat sebagai kapten sejak 2017 hingga 2019.

Indra Kahfi sukses mengantarkan Bhayangkara FC meraih gelar juara Liga 1 2017 silam. Sejauh ini ia telah bermain sebanyak 65 kali bersama The Guardian.

2. Boaz Solossa

 
© Internet
Boaz Solossa Copyright: InternetKapten Persipura Jayapura Boaz Solossa.

Lalu ada Boaz Solossa yang juga menjadi kapten di Liga 1 tak tergantikan selama tiga musim terakhir bersama Persipura Jayapura.

Boaz Solossa telah membuat 270 laga dengan 169 gol serta menorehkan beberapa gelar seperti Liga Indonesia (2005, 2009, 2011, 2013), Community Shield (2009), Inter Island Cup (2011), hingga Indonesia Soccer Championshop A (2016).

3. Fadil Sausu

© Rudi Merta/INDOSPORT
Fadli Sausu turut mencetak gol saat Bali United menang 3-1 atas Tampine Rovers. Copyright: Rudi Merta/INDOSPORTFadli Sausu turut mencetak gol saat Bali United menang 3-1 atas Tampine Rovers.

Kemudian ada gelandang Bali United Fadil Sausu yang juga merupakan kapten utama Liga 1 tak tergantikan selama tiga musim terakhir.

Fadil Sausu telah bermain sebanyak 76 kali dan membuat tujuh gol. Sejak 2017 hingga kini, Fadil masih dipercaya menjadi kapten utama Bali United.

4. Hamka Hamzah

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Bek Arema FC, Hamka Hamzah Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTKapten Arema FC, Hamka Hamzah.

Terakhir ada Hamka Hamzah yang selalu dipercaya menjadi kapten utama ketika bermain di sebuah klub Liga 1 selama tiga musim terakhir.

Pada 2017, Hamka didapuk menjadi kapten PSM. Lalu 2018 Sriwijaya FC (awal musim) dan Arema FC (tengah musim) mempercayakannya menjadi kapten. Untuk Liga 1 2019, Hamka tetap menjadi kapten Arema FC.