Ikuti Jejak Bali United, Klub Pendatang Baru Liga 1 Ini Bentuk Tim eSports

Kamis, 13 Juni 2019 18:11 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Tim PSS Sleman menjalani latihan di Stadion Maguowharjo. Mereka kini merambah dunia eSports dengan membentuk tim Elang Jawa eSports. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Tim PSS Sleman menjalani latihan di Stadion Maguowharjo. Mereka kini merambah dunia eSports dengan membentuk tim Elang Jawa eSports. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Layaknya tren yang sedang terjadi di Eropa, klub-klub sepak bola di Indonesia juga mulai merambah dunia eSports. Setelah Bali United menjadi pionir dengan membentuk tim eSports bernama Island of Gods, kini PSS Sleman mengikuti langkah tim asal Pulau Dewata tersebut.

Meski belum diumumkan secara resmi oleh PSS Sleman, namun klub yang baru saja promosi ke Liga 1 itu diketahui sudah membentuk tim eSports yang diberi nama Elang Jawa eSports. Hal tersebut bisa dilihat di akun Instagram @ejs.esport.

Pada biografi akun tersebut, tertulis bahwa Elang Jawa eSports merupakan tim eSports yang dibentuk oleh PSS Sleman. Saat ini, Elang Jawa eSports memiliki tim untuk game sepak bola Pro Evolution Soccer (PES) 2019 dan FIFA2019.

© Instagram/ejs.esport
Profil tim eSports yang dibentuk PSS Sleman Copyright: Instagram/ejs.esportProfil tim eSports yang dibentuk PSS Sleman

Selain memiliki tim PES 2019 dan FIFA 2019, Elang Jawa eSports juga menyiapkan tim untuk game eSports jenis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), yaitu Mobile Legends.

Seperti diketahui, Bali United menjadi klub sepak bola Indonesia pertama yang merambah industri eSports. Pada awal tahun 2019, klub berjuluk Serdadu Tridatu itu membentuk tim eSports Island of Gods atau IOG.

IOG memiliki tim untuk game eSports Free Fire, Mobile Legends, dan PlayersUnknown’s Battlegrounds (PUBG). Bahkan, Bali United semakin serius menggeluti industri eSports dengan membentuk tim eSports Free Fire pertama yang semua pemainnya adalah wanita.

Apa yang dilakukan Bali United dan PSS Sleman dengan membantuk tim eSports sejatinya bukan hal baru di dunia sepak bola, khususnya di Eropa. Sejumlah klub top Eropa kini memiliki divisi khusus yang bergerak di industri eSports.

Beberapa di antaranya adalah Paris Saint-Germain (PSG), Sporting Lisbon, Schalke 04, dan juga Manchester City. PSG menjadi klub sepak bola Eropa yang paling getol merambah industri eSports. Bahkan, klub asal Prancis itu beberapa waktu lalu menjalin kerja sama dengan tim eSports asal Indonesia, Team Rex Regum Qeon (Team RRQ).

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%