Liga Indonesia

5 Pemain Vanuatu yang Wajib Diwaspadai Oleh Timnas Indonesia

Kamis, 13 Juni 2019 20:18 WIB
Penulis: Arum Kusuma Dewi | Editor: Juni Adi
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Timnas Vanuatu vs Timnas Indonesia Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Timnas Vanuatu vs Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan kembali melakoni laga uji coba agenda FIFA, melawan salah satu negara anggota federasi sepak bola Oceania (OFC), Vanuatu.

Rencananya pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (15/06/19) malam WIB. Sebelumnya, Timnas Indonesia lebih dahulu melakoni uji coba lawan Yordania.

Dalam laga itu, Skuat Garuda ditundukan dengan skor 1-4 di Stadion Internasional King Abdullah, Yordania, pada Selasa (11/06/19).

Meski Timnas Indonesia baru saja mengalami hasil kurang memuaskan, bukan berarti Vanuatu lantas diunggulkan. Hal itu diungkap oleh mantan pelatih Vanuatu U-20, Dejan Gluscevic.

Selama menjabat, ia pernah membawa Vanuatu U-20 tembus ajang Piala Dunia FIFA U-20 2017 di Korea Selatan. Namun sayang, tim besutannya itu tidak bisa berbicara banyak karena kiprahnya hanya sampai di babak penyisihan grup.

"Vanuatu hanya dihuni sebanyak 250 ribu jiwa, sehingga mereka mempunyai keterbatasan untuk mengembakan sepak bolanya," kata Dejan kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

"Oleh karena itu, kekuatan tim nasional mereka tergantung dari kualitas individu dari masing-masing pemain."

© Alex Livesey - FIFA/FIFA via Getty Images
Dejan Gluscevic pelatih Timnas Vanuatu U-19. Alex Livesey - FIFA/FIFA via Getty Images Copyright: Alex Livesey - FIFA/FIFA via Getty ImagesDejan Gluscevic pelatih Timnas Vanuatu U-19. Alex Livesey - FIFA/FIFA via Getty Images

Lebih lanjutnya, Dejan Gluscevic yang pernah berkarier di Liga Indonesia media 1995-1996 membela Bandung Raya, mengungkapkan beberapa pemain Vanuatu yang layak diwaspadai oleh Skuat Garuda.

"Bong Kalo (gelandang), Jason Thomas (bek), Ronaldo Wilkins (gelandang), Dick Taiwia (kiper), Selwyn Vatu (bek), dan sejumlah pemain yang pernah tampil di Piala Dunia U-20 2017," ungkapnya.

Dejan Gluscevic sendiri saat ini tengah menganggur dan sesekali diundang menjadi komentator sepak bola di stasiun televisi, usai tak lagi menjabat sebagai pelatih tim Vanuatu U-20.