Bola Internasional

Fakta-fakta Menggegerkan Pelatih Vanuatu Paul Munster Jelang Lawan Indonesia

Jumat, 14 Juni 2019 15:35 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© Twitter@Munster_Coach
Paul Munster, pelatih Timnas Vanuatu saat memberikan instruksi. Copyright: © Twitter@Munster_Coach
Paul Munster, pelatih Timnas Vanuatu saat memberikan instruksi.

INDOSPORT.COM - Pelatih Vanuatu, Paul Munster, ternyata menyimpan tiga fakta menggegerkan yang belum banyak diketahui menjelang melawan timnas Indonesia, Sabtu (16/6/19) mendatang.

Pertandingan timmnas Indonesia melawan Vanuatu bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pukul 18.30 WIB.

Laga kali ini membuat Timnas Indonesia harus bisa memenanginya, sebab anak asuh pelatih Simon McMenemy baru saja menelan kekalahan di laga sebelumnya dari Jordania dengan skor 1-4.

Selain itu Simon tampaknya bakal menerapkan strategi yang efisien demi memperbaiki kesalahan di laga-laga sebelumnya. Di lain pihak Vanuatu juga ingin mengakhiri rentetan hasil kurang bagus sepanjang 2019 berupa sekali imbang dan kalah.

© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Timnas Vanuatu vs Timnas Indonesia Copyright: Eli Suhaeli/INDOSPORTTimnas Vanuatu vs Timnas Indonesia

Terlebih laga ini merupakan perjalanan tandang ke kawasan Asia, yang jarang sekali Vanuatu lakukan dalam melakoni uji coba internasional FIFA.

Meski demikian, Vanuatu juga masih mencari skema yang pas lantaran baru saja menunjuk pelatih baru pada Februari lalu. Namanya masih asing di telinga sepak bola dunia, namun alangkah baiknya bisa mengenal lebih dekat sosok Paul Munster.

1. Lisensi Tinggi

© vff.vu
Paul Munster pelatih timnas Vanuatu Copyright: vff.vuPaul Munster, pelatih Timnas Vanuatu.

Paul Munster ternyata memiliki lisensi kepelatihan yang tinggi, yakni EUFA Pro Licence sejak 2018 berdasarkan laman resmi Vanuatu Foorball Federation.

Sebelumnya, Paul Munster telah mendapatkan lisensi UEFA A pada 2016 dan UEFA B ketika 2013 lalu, alias dua tahun sejak memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola.

2. Pelatih Eropa Ketiga

© Twitter@Munster_Coach
Paul Munster pelatih timnas Vanuatu saat memberikan instruksi. Copyright: Twitter@Munster_CoachPaul Munster, pelatih Timnas Vanuatu saat memberikan instruksi.

Fakta menggegerkan kedua dalam diri Paul Munster adalah ia merupakan pelatih ketiga asal Eropa yang menangani timnas Vanuatu. Sebab Paul merupakan pria kelahiran Irlandia Utara.

Pelatih kedua ialah Joe Szekeres, asal Inggris, yang pernah menjabat selama tiga musim (2004-2007). Sedangkan juru skema pertama asal Eropa ialah Terry O'Donnell (Inggris) yang menukangi Timnas Vanuatu pada 1987-1993.

3. Raih Banyak Trofi

© Twitter@Munster_Coach
Paul Munster pelatih timnas Vanuatu Copyright: Twitter@Munster_CoachPaul Munster, pelatih Timnas Vanuatu.

Fakta menggegerkan terakhir dari Paul Munster ialah kalau pelatih 37 tahun ini ternyata banyak sekali meraih trofi juara sebagai juru taktik.

Tri Nations League, Punjab Super League (2017/18), J&K Invitational Cup, hingga Swedish Cup U-19 (2017) merupakan gelar yang direngkuh Munster.