Bola Internasional

Finalis Jadi Prestasi Terbaik Tim Undangan di Copa America, Jepang dan Qatar Bisa?

Jumat, 14 Juni 2019 21:34 WIB
Editor: Juni Adi
© Standard.co.uk
Logo Copa America 2019 di Brasil. Copyright: © Standard.co.uk
Logo Copa America 2019 di Brasil.

INDOSPORT.COM - Turnamen sepak bola terbesar antara negara di benua Amerika Selatan, Copa America akan kembali digelar pada tahun 2019 ini.

Untuk edisi kali ini, Brasil berkesempatan menjadi tuan rumah Copa America 2019 dan akan dihelat musim panas ini mulai dari tanggal 15 Juni hingga 08 Juli mendatang.

Menariknya, dari total 12 peserta ada dua negara yang akan ikut berkompetisi dari benua lain, yakni Jepang dan Qatar. Keduanya hadir atas undangan dari federasi sepak bola Amerika Selatan, CONMEBOL.

Namun ini bukanlah kali pertama ajang empat tahunan itu 'disusupi' oleh negara dari benua lain. Pihak CONMEBOL sendiri diketahui telah melakukannya sejak Copa America tahun 1993.

Lantas, mengapa seperti itui? Jawabannya cukup sederhana, karena CONMEBOL kekurangan tim. Sejatinya, mereka hanya memiliki 10 anggota di dalam federasi. Namun, format kompetisi harus menggunakan sistem 12 peserta.

Karenanya, CONMEBOL pun selalu mengundang dua negara dari benua lain untuk memenuhi kuota 12 peserta, dan juga untuk menambah persaingan dan memeriahkan pesta sepak bola terbesar di Benua Latin itu.

Negara-negara dari Amerika Utara yang tergabung dalam anggota CONCACAF, selalu menjadi negara undangan. Amerika Serikat dan Meksiko adalah negara yang paling sering mengikuti Copa America.

Namun pada edisi kali ini, pihak CONMEBOL tidak dapat mengundang anggota CONCACAF lantaran agendanya bentrok dengan turnamen Piala Emas 2019, yang akan dimulai pada 16 Juni nanti.

Meski berstatus tim undangan, bukan berarti Qatar dan Jepang bisa dianggap remeh. Apalagi, sepanjang sejarah Copa America, tim undangan kerap bikin kejutan.

Prestasi terbaik mereka adalah dua kali menjadi finalis pada tahun 1993 dan 2001. Serta tiga kali menempati peringkat ketiga, yang dilakukan oleh Meksiko.

Selain Meksiko, negara undangan lainnya yang mengukir prestasi di Copa America adalah Honduras yang pernah finis ketiga pada tahun 2001.

Sementara, Amerika Serikat pernah dua kali mengakhiri turnamen sebagai tim peringkat keempat di Copa America 1995 dan 2016. 

Jepang sendiri sebelumnya sudah pernah ikut bermain di Copa Amerika pada tahun 1999. Sedangkan bagi Qatar, ini merupakan pertama kalinya mereka ikut Copa America 2019, usai juara Piala Asia 2019 beberapa waktu lalu.

Berikut Daftar Prestasi Terbaik Tim Undangan di Copa America:

Copa America 1993: Meksiko (runner up)
Copa America 1997: Meksiko (peringkat tiga)
Copa America 1999: Meksiko (reringkat ttiga)
Copa America 2001: Meksiko (runner-up)
Copa America 2007: Meksiko (peringkat tiga) 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%